Cara Membuat Skema rangkaian Timer Sederhana IC 555 Dengan Relay

By | April 27, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Timer Sederhana IC 555 Dengan Relay – Skema rangkaian timer adalah piranti yg berperan untuk mengatur waktu hidup maupun matinya suatu objek ( piranti listrik). Skema rangkaian timer pada gambar di bawah di bangun memakai IC NE555 & interface pada timer & beban memakai relay. Dngn interface pada skema rangkaian timer & beban memakai relay, maka skema rangkaian timer sederhana tersebut bisa dipakai untuk mengatur beban ( piranti listrik) dngn sumber tegangan/voltage DC ataupun AC.

Skema rangkaian timer sederhana IC 555 dngn relay tersebut bisa dioperasikan memakai sumber tegangan/voltage DC 12 volt & bisa dipakai untuk mengatur beban piranti listrik di sumber tegangan/voltage AC 220 volt. Skema rangkaian tersebut cukup sederhana & gampang untuk di buat, untuk merakit skema rangkaian timer tersebut bisa disimak skema rangkaian timer & komponen yg dipakai di daftar komponen dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian Timer Sederhana IC 555 Dngn Relay

Daftar Komponen Skema rangkaian Timer Sederhana IC 555 Dngn Relay

Capasitor 1 Memiliki tipe atau berukuran 10uf/16V

Capasitor 2 Memiliki tipe atau berukuran 0. 01uf

Resistor 1 Memiliki tipe atau berukuran 1 MOhm

Resistor 2 Memiliki tipe atau berukuran 10 K

Dioda 1, Dioda 2 Memiliki tipe atau berukuran 1N914

U1 Memiliki tipe atau berukuran NE555

RELAY Memiliki tipe atau berukuran 9V Relay

S1 Memiliki tipe atau berukuran Push Button NO

Saat timing skema rangkaian timer yang ditunjukan pada gambar di atas tergantung oleh waktu pengisian & pengosongan Capasitor 1. Saat pengisian Capasitor 1 ditentukan oleh arus pengisian yg ditetapkan oleh potensiometer Resistor 1 & nilai kapasitansi Capasitor 1. Skema rangkaian timer sederhana yang ditunjukan pada gambar di atas mempunyai waktu timing yg bisa diatur memakai potensiometer Resistor 1. Untuk memperoleh nilai timing yg lebih lama maupun lebih cepat bisa dilakukan pergantian nilai Capasitor 1 dngn nilai yg semakin besar maupun lebih kecil.

Untuk mengoperasikan skema rangkaian timer sederhana yang ditunjukan pada gambar di atas dilakukan dngn memberikan sumber tegangan/voltage DC 12 volt ke skema rangkaian timer lalu menghubungkan beban yg bakal dikendalikan lalu menekan tombol push button S1. Dngn memakai relay yg mempunyai terminal NC (Normaly Close) & NO (Normaly Open) maka untuk menempatkan beban bisa lebih flesibel, ingin beban hidup di waktu sistem timing maupun sebaliknya.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih