Cara Membuat Skema rangkaian Tone Control Dngn Tabung

By | February 5, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Tone Control Dngn Tabung – Skema rangkaian tone control dngn tabung tersebut bisa dipakai untuk mengatur level suara bass & treble pada piranti sound system. Skema rangkaian tone control tersebut di bangun memakai penguat sinyal maupun penguat tegangan/voltage dari tabung trioda. System pengaturan level suara sinyal suara pada tone control tersebut adalah pengatur suara jenis baxanddal aktif dngn 2 band bass & treble.

Skema rangkaian tone control maupun pengatur suara tersebut cukup sederhana & gampang dimengerti. Untuk membuat skema rangkaian tone control dngn tabung tersebut bisa disimak pada skema rangkaian & komponen pada gambar “rangkaian tone control dngn tabung” dibawah ini.

Skema rangkaian Tone Control Dngn Tabung

Skema rangkaian tone control dngn tabung di atas bisa dipakai maupun dipasngkan pada power audio amplifier dngn tabung juga. Untuk memakai tone control dngn tabung tersebut sinyal suara saat sebelum dikuatkan oleh power audio amplifier sebelumnya ditinggalkan dulu ke skema rangkaian tone control tersebut untuk diatur level penguatan suara bass & treblenya. Pada intinya skema rangkaian tone control dngn tabung tersebut di bangun dngn 3 bagian utama yakni.

Filter Suara Bass Filter

suara bass pada skema rangkaian tone control tersebut merupakan jenis baxandall yg di bangun oleh konfigurasi komponen resistor/hambatan dengan ukuran 110 KOhm, Potensiometer 500 KOhm, kapasitor/kondensator 0, 1 uF & resistor/hambatan dengan ukuran 150 KOhm. Dngn potensiometer tersebut anda bisa mengatur tingkat penguatan maupun pelemahan level suara bass yg bakal dikuatkan oleh power audio amplifier.

Filter Suara Treble

Skema rangkaian filter suara treble tersebut di bangun dngn jenis baxandall oleh konfigurasi komponen kapasitor/kondensator 100 pF, resistor/hambatan dengan ukuran 68 KOhm & potrensiometer 500 KOhm. Potensiometer di bagian tersebut berperan untuk mengatur level suara trebel pas dngn keinginan, bisa dikuatkan ataupun dilemahkan pas posisi tuas potensiometer.

Penguat Tegangan/voltage

Penguat tegangan/voltage pada tone control tersebut di bangun memakai tabung trioda jenis 12AX7. & berperan untuk menguatkan sinyal hasil pengauturan level suara bass & treble dari tone control tersebut.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih