Cara Membuat Skema rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada

By | May 11, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada – Skema rangkaian stereo tone control pada gambar di bawah bisa dipakai untuk mengontrol 3 suara (suara bass, suara midrange & suara treble) pada system suara. Skema rangkaian tone control stereo tersebut memakai operasional audio amplifier (Op-Amp) IC jenis TL072 maupun bisa pula memakai IC NE5532. Skema rangkaian tone control stereo pada artikel tersebut yaitu tone control type baxandall aktif dngn penguat 1 tingkat memakai Op-Amp IC TL072 maupun NE5532.

Skema rangkaian tone control stereo 3 suara tersebut memerlukan sumber tegangan/voltage DC simetris ┬▒ 15 volt DC. Skema rangkaian lengkap beserta daftar komponen untuk membuat skema rangkaian tone control stereo 3 suara tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Tone Control Stereo 3 Nada

Skema rangkaian tone stereo tone control 3 suara di atas bisa mensuply penguatan sinyal suara ┬▒18 dB/oktaf untuk setiap jalur pengaturan nadanya. Skema rangkaian tone control stereo 3 suara di atas terbagi dalam 2 bagian utama yakni.

Bagian filter baxandall,

yakni bagian pengatur suara yg terbagi dalam pengatur suara bass dngn kontrol pengatur penguatan suara bass memakai potensiometer 100 KOhm pada jalur Low. Lalu pengatur suara midle maupun midrange yg dikontrol memakai potensiometer 100 KOhm pada jalur suara midle. & pengatur suara treble yg pengaturan penguatan suara trebel tersebut dikontrol memakai potensiometer 470 KOhm pada jalur suara high.

Bagian penguat,

yakni bagian penguat sinyal memakai operasional audio amplifier (Op-Amp) IC jenis TL072 maupun NE5532 yg berperan menguatkan sinyal dari skema rangkaian filter baxandal dngn umpan balik (feedback).

Untuk kepentingan seting suara pada skema rangkaian tone control 3 suara tersebut bisa dikerjakan dngn ganti nilai komponen yg dipakai sesuai dngn titik cut-off suara yg di inginkan. Untuk seting suara bass bisa diatur dngn mengatur nilai kapasitor/kondensator 47nF maupun R 10 KOhm pada pin tengah potensiomenter suara bass. Untuk seting suara midrange bisa dikerjakan dngn mengatur nilai kapasitor/kondensator 22 nF pada kontrol suara midrange.

Lalu untuk mengatur titik cut-off suara treble bisa dikerjakan dngn mengatur nilai kapasitor/kondensator 4, 7 nF pada pin tengah potensiometer suara treble. Pengaturan nilai komponen pada skema rangkaian tone control stereo di atas sudah bisa menentukan titik center setiap suara yg diatur sesuai keinginan pada skema rangkaian tone control stereo 3 suara di atas.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih