Cara Membuat Skema rangkaian Tone Control Stereo 3 Suara IC TL082

By | February 13, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Tone Control Stereo 3 Suara IC TL082 – Skema rangkaian tone control stereo 3 suara tersebut memakai rancangan filter aktif baxandall dngn penguat berbentuk Op-Amp IC jenis TL082. Skema rangkaian tone control tersebut mempunyai 3 tone pengaturan suara yakni kontrol suara Bass, Midrange & Treble.

Penguat operasional yg dipakai sbg penguat tegangan/voltage pada skema rangkaian tone control 3 suara tersebut memakai Op-Amp IC TL082. Skema rangkaian tone control 3 suara tersebut bekerja dngn sumber tegangan/voltage simetris ┬▒ 15 volt DC untuk mensupply tegangan/voltage ke Op-Amp IC TL082. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat tone control 3 suara stereo IC TL082 tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Tone Control Stereo 3 Suara IC TL082

Skema rangkaian tone control stereo 3 suara di atas memakai penguat tegangan/voltage 2 tingkat yg disusun dngn Op-Amp IC TL082 yg berperan sbg penguat depan & sbg filter aktif. Pada intinya skema rangkaian tone control stereo 3 suara di atas di bangun oleh 2 bagaian sbg berikut.

Bagian penguat depan,

bagian tersebut berperan untuk menguatkan sinyal suara saat sebelum masuk ketahap filter. Rangkian penguat depan tersebut di bangun dngn penguat operasional Op-Amp TL082 dngn penguatan 1 kali.

Bagian filter aktif baxandall,

bagian tersebut berperan untuk mengatur level penguatan maupun pelemahan sinyal suara untuk 3 suara yakni suara bass, midrange & treble. Skema rangkaian tersebut di bangun memakai jaring filter baxandall dngn penguat tegangan/voltage berbentuk Op-Am IC TL082.

Skema rangkaian tone control stereo 3 suara di atas bisa dipakai maupun dipasangkan dngn power audio amplifier OCL maupun power amplifierBTL dngn daya besar. Sumber daya untuk tone control stereo 3 suara tersebut baiknya memakai regulator tegangan/voltage IC 7815 & 7915 dngn input/masukan dari sumber daya power audio amplifier yg simetris.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih