Cara Membuat Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555

By | January 31, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555 – Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555 berperan untuk pancarkan gelombang ultrasonic memakai transducer ultrasonic yg didriver dari IC NE555. “Rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555” adalah satu skema rangkaian sederhana yg bisa pancarkan gelombang ultrasonic. Transmitter gelombang ultrasonik dlm artikel “Rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555″ disusun oleh suatu transduser ultrasonik yg di beri input/masukan gelombang kotak dngn frekuensi lebih kurang 40 KHz yg dihasilkan oleh multivibrator astabil dngn IC 555. Gelombang kotak yg dihasilkan oleh skema rangkaian multivibrator yg disusun oleh IC 555 yg bekerja secara astable lalu diberikan ke modul maupun “tranduscer ultrasonic” untuk di pancarkan. Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555 diperlihatkan gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555

Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555 yang ditunjukan pada gambar di atas bekerja dngn tegangan/voltage + 5 volt DC sampai +12 volt DC. Skema rangkaian Transmitter Ultrasonic IC 555 bekerja pada range frekuensi 40 KHz yg ditetapkan oleh skema rangkaian multivibrator astabil IC NE555. Frekuensi kerja 40 KHz itu dihasilkan oleh konfigurasi RC pada multivibrator astabil IC NE555. besarnya level puncak positif & puncak negatif pada pulsa yg dipakai untuk menggerakan transducer ultrasonic itu bisa diatur dngn mengatur potensiometer Resistor 3 & Resistor 4. Potensiometer Resistor 3 berperan untuk mengatur besarnya periode bagian pulsa sisi “HIGH” & potensiometer Resistor 4 berperan untuk mengatur periode dari pulsa sisi “HIGH”. Pengaturan periode sisi HIGH & LOW pulsa itu mesti tetap di perhatikan supaya frekuensi kerja (frekuensi pulsa) tetap dikisaran 40 KHz.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih