Cara Membuat Skema rangkaian VU Display 9 LED

By | January 25, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian VU Display 9 LED – Skema rangkaian VU Display 9 LED tersebut di buat memakai IC LB1409. IC LB1409 adalah chip IC buatan sanyo yg didesain khusus sbg driver LED 9 baris. Skema rangkaian VU display tersebut berperan untuk mensuply indikator kuat sinyal pada system suara. Skema rangkaian VU dispaly 9 LED dngn IC LB1409 tersebut bisa dipasang pada output/keluaran setiap pemroses sinyal suara maupun pengatur suara (tone control) hingga setiap bagian pengaturan suara bisa di ketahui tingkat penguatan tegangan/voltage dari sinyal suara itu. Untuk membuat maupun merakit skema rangkaian VU display tersebut bisa disimak gambar skema rangkaian & komponen yg dipakai pada gambar dibawah ini.

Gambar Skema rangkaian VU Display 9 LED

Untuk merakit skema rangkaian VU display 9 LED dngn IC LB1409 seperti yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dirakit dngn PCB & tata letak komponen skema rangkaian VU display yg sudah didesain sbg berikut.

PCB Skema rangkaian VU Display 9 LED

Skema rangkaian VU display 9 LED yang ditunjukan pada gambar di atas bisa dioperasikan dngn sumber tegangan/voltage DC +12 volt & bisa diberikan sinyal input/masukan dari output/keluaran pengatur suara. Kuat sinyal yg diberikan ke skema rangkaian VU display 9 LED IC lB1409 tersebut bisa diatur memakai potensiometer PR2 lalu tegangan/voltage rekomendasi display sinyal suara bisa ditetapkan memakai potensiometer PR1. Ke-2 potensiometer tersebut dibutuhkan untuk memperoleh nyala LED yg pas dngn tingkat sinyal suara yg diberikan ke skema rangkaian VU display IC LB1409 tersebut. Skema rangkaian VU display 9 LED tersebut adalah skema rangkaian 1 chanel, jadi untuk menampilkan kuat sinyal suara stereo butuh di buat 2 unit skema rangkaian VU display 9 LED IC LB1409 itu.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih