Cara Membuat Skema rangkaian Wireless Microphone 2 Transistor

By | February 12, 2014

Cara Membuat Skema rangkaian Wireless Microphone 2 Transistor – Skema rangkaian wireless microphone 2 transistor tersebut bekerja pada range frekuensi radio FM 88 MHz – 108 MHz. Skema rangkaian wireless microphone 2 transistor tersebut memakai mircophone type elektret maupun microphone condenser. Skema rangkaian microphone wireless tersebut menggunakan sumber tegangan/voltage DC +9 volt yg di ambil dari suatu baterai 9 volt. Sbg penerima microphone wireless tersebut dipakai receiver radio FM portable. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian wireless microphone tersebut bisa disimak pada gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Wireless Microphone 2 Transistor

Skema rangkaian wireless microphone 2 transistor di atas memakai 2 buah transistor dengan tipe jenis 2N3904. Transistor Q1 berperan sbg penguat microphone 1 transistor & transistor Q2 sbg oscilator frekuensi pembawa FM & sbg pemancar gelombang radio FM yg dimodulasi dngn sinyal suara dari microphone. Frekuensi kerja maupun frekuensi carier FM pada skema rangkaian wireless microphone di atas ditetapkan oleh konfigurasi L1 & Capasitor 4. Frekuensi kerja skema rangkaian wireless microphone 2 transistor di atas bisa ditetapkan dngn mengatur tuas variabel Capasitor 4. Untuk membuat L1 di bagian transmitter wireless microphone di atas yaitu dngn koker tanpa inti ferit & kawat e mail 1 mm.

Jumlah lilitan L1 yaitu 10 lilit kawat e mail 1 mm yg dilitkan pada koker 3mm. Skema rangkaian wireless microphone 2 transistor di atas didesain untuk aplikasi microphone elektret (kondenser mic), apabila hendak memakai microphone jenis dinamis maka Resistor 1 10 KOhm dilepaskan. Karen resistor 1 10KOhm itu berperan untuk mensuply tegangan/voltage bias ke kondenser mic (microphone elektret). Antena untuk skema rangkaian wireless microphone 2 transistor tersebut bisa di buat dngn kawat e mail ± 20 centi meter yg dibentuk jadi gulungan tanpa inti untuk efisiensi tempat di dlm box microphone.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih