Cara Membuat Skema/rangkaian Pengatur Suhu Elektronik

By | December 6, 2013

Cara Membuat Skema/rangkaian Pengatur Suhu Elektronik – Skema/rangkaian Pengatur Suhu Elektronik yaitu suatu kreasi disain berbentuk skema/rangkaian elektronika yg di buat sedemikian rupa hingga skema/rangkaian tersebut dapat berperan mengatur suhu dengan cara elektronik (automatis). Skema/rangkaian tersebut dirancang memakai L121 suatu komponen sirkuit terpadu yg di produksi oleh SGS THOMSON. Skema/rangkaian tersebut bisa dipakai untuk mengatur suhu di dlm kendaraan atau di rangkaian Power Supply. Tujuannya tidak ada lain agar suhu ruangannya dapat di turunkan (jadi dingin). Skema/rangkaian tersebut membutuhkan supply tegangan/voltage sebesar 12 Volt. Dngn menggunakan skema/rangkaian elektronik tersebut sangat mungkin ada pengaturan suhu yg di idamkan di dlm ruangan yg beragam pada dua batas. NTC termistor (koefisien temperatur negatif) mendeteksi suhu ruangan dngn nilai nominal 47 K di 25 ┬░ C.

Nah, dibawah ini saya lampirkan gambar skema/rangkaian Pengatur Suhu Elektronik.

Adapun prinsip kerja Skema/rangkaian Pengatur Suhu Elektronik tersebut sbg berikut. Penurunan tegangan/voltage di termistor dipakai untuk mengatur tingkat ke salah satu input dari L121 penguat operasional. Ambang tersebut memastikan output penguat operasional sirkuit berpindah urutan integrasi. Potensiometer P2 sesuaikan input ke-2 dari penguat operasional yg sama & dipakai untuk meresepkan suhu di mana sirkuit masuk ke dlm operasi. Apabila suhu di dlm area meningkat, resistansi thermistor alami penurunan, & bakal mengakibatkan tegangan/voltage pada pin 3 alami penurunan. Sesudah beberapa waktu, himpunan P2 tercapai, mengakibatkan skema/rangkaian logika tipping dari IC1. Ini bakal memastikan input ke T1 konduksi transistor, yg bakal menghidupkan kipas angin hingga menghasilkan angin dingin. Sesudah suhu turun di batas nilai yg ditetapkan oleh P1, skema/rangkaian kontrol bakal mematikan kipas angin kembali.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih