Cara Membuat Tahu Sendiri

By | June 13, 2014

Cara Membuat Tahu Sendiri  – Waktu sekarang Tahu adalah makanan yg telah mendunia walau demikian tdk seluruhnya orang tau langkah bikin tahu. Oleh karena itu kita bakal membahasnya nanti, tetapi sebelum itu sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu asal usul Tahu. Tahu sendiri telah ada dari tahun 164 SM pada daratan China kira-kira 2200 th. lalu. Menurut Wikipedia penemunya yaitu Liu An yg adalah cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang pendiri dinasti Han.

Nyatanya tahu telah ada dari beribu-ribu th. yg lalu. Di Indonesia sendiri Tahu adalah makan yg benar-benar disukai & nyaris jadi bagian beragam jenis kuliner di Indonesia. Rasanya yg nikmat dan kandungan gizinya yg banyak jadikan makan yg murah tersebut tdk murahan mutu gizinya. Harga tahu sebetulnya tdk terlampau mahal, cuma dngn beberapa ribu rupiah saja kita telah dapat memperoleh tahu. Tetapi sempat tdk terfikir untuk coba bikin tahu sendiri di rumah? kalau pernah kepikiran mari kita coba beberapa langkah pembuatan tahu di bawah ini :

Langkah Membuat Tahu

Komposisi membuat tahu:

  1. 1 kilogram kacang kedelai yg sudah di rendam semalam
  2. 100 mili liter cuka makan
  3. Air

Alat :

Alat pencampur/Blender

Panci besar

Serbet makan/kain

Saringan

Langkah membuat tahu:

  1. Masukan kacang kedelai yg sudah di rendam semalaman kedalam panci atau baskom untuk di pecah dngn meremas-remasnya.
  2. Sesudah bersih masukan kedelai kedalam Blander dngn memberi air seperlunya lalu blender sampai halus & lembut.
  3. Saat usai maka bakal jadi seperti susu kedelai, setelah itu rebus air kedelai tadi pada panci sampai mendidih.
  4. Siapkan baskom untuk tempat air dingin. Saat rebusan air kedelai tadi mulai mendidih bakal nampak busa.
  5. Maka selekasnya imbuhkan air dingin sedikit demi sedikit & suhu kompor di turunkan.
  6. Setiap busa mulai nampak lagi berikanlah air dingin sedikit untuk sedikit. Terus rebus air kedelai sampai busa habis, kemudian biarlahlah rebusan itu di atas kompor dngn api kecil sepanjang 20 menit. Lalu matikan kompor & biarlahlah dingin.
  7. Sesudah rebusan tadi mulai dingian selekasnya saring memakai saringan yg di atasnya di lapisi serbet makan/kain. Peras ampas rebusan kedelai tadi sampai air perasan keluar seluruhnya. Ampas janganlah dibuang lantaran dapat digunakan untuk perkedel, & dimasak sesuai sama selera.
  8. Air hasil penyaringan tadi di rebus di atas kompor dngn api sedang tetapi tdk sampai mendidih.
  9. Angkat susu kedelai dari kompor kemudia masukkan 100 mili liter cuka makan, aduk sebentar. Diamkan susu kedelai sepanjang 30 menit dngn sendirinya susu kedelai bakal terpisah jadi calon tahu & air.
  10. Saring massa tahu dngn serbet makan atau kain bersih tipis sampai air keluar. Susun di cetakan yg hendak anda pakai kemudian tindih dngn pemberat sehingga seluruhnya air keluar. Biarlah kurang lebih 15-20 menit.
  11. Kemudian Tahu buatan anda juga jadi & siap di potong sesuai sama ukuran yg anda sukai & siap dimasak.