Cara Memcuci Motor Yang Baik Sekaligus Merawatnya

By | November 5, 2014

Cara Memcuci Motor Yang Baik Sekaligus Merawatnya – Satu diantara kemungkinan tinggal di negara tropis seperti Indonesia yaitu sulitnya memperkirakan cuaca, kadang waktu cuaca diawal pagi adem tetapi tiba-tba jadi panas menyengat di siang hari, demikian pun kadang waktu turun hujan.

Keadaan cuaca yg tdk menentu terlebih hujan bikin anda pengendara motor mesti ekstra hati-hati dlm berkendera dngn mengkuti Panduan Langkah Aman Mengenderai Sepeda Motor yg telah saya posting sebelumnya. Mengingat apabila musim hujan umumnya motor bakal kotor & pastinya ini perlu perawatan berbentuk mencucinya dngn bagus & benar. Perlakuan yg salah waktu membersihkan bakal menyebabkan motor yang paling disayangi tdk enak dilihat.

Dibawah ini sebagian langkah yg dapat Kita kerjakan untuk membersihkan sekalian menjaga motor yang paling disayangi, silakan dikaji :

Cara Memcuci Motor Yang Baik Sekaligus Merawatnya

Satu. Sisi Bawah Motor

Perdana anda siram dahulu sisi bawah mesin motor & sikat dngn sabun colek. Umumnya sisi bawah mesin tempat paling kotor & ada percikan oli. Bila tdk memakai sabun colek kotorannya sulit hilang, sesudah sikat segera disiram dngn air agar sabun colek tdk melekat. Sisi bawah mesin usai.

Dua. Blok Mesin

Lanjut ke karena blok mesin ada sela-sela kecil umumnya kotoran sukai berkumpul di sana jadi langkah membersihkannya dngn memakai sikat gigi, kuas & sabun colek. Sesudah session sikat usai ingat segera disiram supaya sabun colek tdk melekat. Sisi mesin usai lanjut ke roda belakang velg belakang umumnya paling kotor & ada cipratan oli rantai. Untuk menghilangkanya cukup memakai sabun colek, janganlah lupa disiram sesudah usai.

Tiga. Rantai roda

Rantai roda vital di motor, mesti dijaga kebersihan dari pasir, debu & air supaya bisa berperan bagus. Bila diabaikan cepat aus, kendur bahkan juga dapat putus di jalan. Untuk bersihkan rantai, sebaiknya gunakan air sabun dibantu sikat. Langkah tersebut terbilang lebih aman walau temponya cukup lama terlebih debunya campur oli. Bila kotoran susah terangkat, tangani dngn bensin maupun solar. Misalnya waktu bersihkan rantai motor bebek.

Semua sisi sampai ke celah rantai mesti dibikin bersih, sekalian permukaan gir depan ataupun belakang. Bila telah bersih, diuci air sabun & dibasuh air bersih. Namun, janganlah dibiarkan terlampau lama & selekasnya keringkan memakai lap kain untuk menghindar karat. Cermati pula type rantainya motor. Bila mempunyai system pelumasan tertutup yg setiap mata rantai ada sil karet, tdk disarankan memakai bensin waktu pembersihan. Lantaran mengakibatkan kerusakan karet-karet sil.

Empat. Sisi Atas Motor

Langkah selanjutnya sesudah usai bersihkan kotoran yg bercampur oli, berikutnya anda bersihkan bagian semua sisi dngn sampo motor. Langkah saat ini urutannya dari atas body baru sisi bawah. Upayakan busa Atau kain halus untuk body dipisahkan agar tdk cepat lecet body motornya. Semprot dngn air ke semua sisi motor, hingga kalian meyakini bila kotoran & debu telah hilang, mulai dngn meratakan shampoo yg ada di ember diisi shampoo yg telah tercampur air.

Untuk sisi lain seperti shock, ban, blok mesin, & sisi lain yg bukanlah adalah sisi dari cat paling utama. Bisa saja memakai sabun detergent untuk membersihkannya., diawali dari sisi atas dahulu, & ingat sebelum akan geser ke sisi yg lain masukkan dahulu applicator itu ke ember yg diisi air saja, gosokkan ke body sampai bekas kotoran & shampoo turun, baru ulangilah lagi langkah awal sampai usai ke sisi akhir dari motor. ulangilah selalu hingga meyakini benar bila motor telah betul-betul bersih. Semprot kembali sisi yg telah dibikin bersih itu, sampai bekas sabun hilang & betul-betul bersih.

Lima. Perawatan Jok

Mungkin saja telah ada yg ganti dngn bahan kulit, termasuk juga bodi diselimuti kulit, cemas di masalah perawatan. Takut rusak maupun kusam. Untuk perawatan kulit sekalian membuat perlindungan dapat gunakan bahan seperti conditioner. Perawatan tersebut disamping mengangkat kotoran & jamur pun membuat perlindungan kulit dari panas matahari & hujan. Hingga komposisi kulit yang paling disayangi tdk gampang pecah. Kelembapan pun dapat terbangun.

Enam. Perawatan Boks

Kebetulan motor Anda telah dilengkapi boks memiliki bahan palstik dngn dasar kulit jeruk. Jauhi bersihkan kotaran dngn memakai ampelas halus. Akan mengakibatkan kerusakan kulit jeruk & berikan dampak kusam. Dapat dicuci dngn memakai cairan pencuci piring trus dilap gunakan kulit sintetis. Sesudah bersih, supaya lebih kinclong & warna hitam hendak rata, berikan semir sepatu cair di semua permukaan boks. Buat boks yg telah dibungkus kulit, agar lebih kinclong dapat gunakan pembersih khusus kulit. Maupun bisa pula gunakan semir, pas warna kulit pembungkus yg ada.

Janganlah dibiarkan ini berlangsung. Buka jok bebek maupun motor matic kita untuk menyemprot ruang tangki & bagasi. Sebetulnya bagus, namun ruang di bawah jok untuk seluruhnya type motor tdk didesain untuk menahan air. Terlebih hingga menahan air semprotan bertekanan. Yg paling dapat menyebabkan fatal yaitu untuk matic, lantaran si AKI Listrik umumnya di taruh di bawah jok langsung. Air pula semprotan pula dapat menjangkau ke ruangan filter angin, yg umumnya didesain mangap ke atas.

tujuh. Pengeringan

tahap selanjutnya yaitu pengeringan. Lakukan step pengeringan, keringkan dari atas (body dahulu) baru turun ke kaki – kaki, velg & mesin. Bila dapat saya anjurkan mempunyai Dua kanebo agar body lebih tertangani. Usai lap – lap bila ada semir ban, disemir dech bannya agar keliatan lebih kinclong seperti baru lagi motornya.

Delapan. Bersihkan kerak dngn cairan pembersih.

Saat ini type & merk cairan pembersih kerak di ruangan bakar sudah bnyk di jual di toko peralatan & aksesories motor. Memiliki bentuk dlm kaleng dngn system semprot (spray). Langkah pemakaiannya pun cukup gampang. Tetapi, apabila Kita sangsi dapat membawa kendaraan yang paling disayangi ke bengkel yg sudah di kenal. Apabila hendak mengerjakannya sendiri, dibawah ini tersebut langkahnya :

  • Perdana, buka dulu saluran dari filter angin ke karburator. Lalu sempotkan cairan itu pd saluran intake.
  • Ke-2, aktifkan mesin motor dngn starter elektrik maupun engkol lalu tarik tuas gas sampai angka putaran mesin (RPM) tinggi. Pd waktu yg berbarengan, kembali semprotkan cairan pembersih ke mulut maupun lubang karburator, namun usahakan mesin motor tdk mati. Ulangilah cara itu sekian kali sampai mesin motor mati & biarlah.
  • Ketiga, sesudah mesin motor mati selama 10-20 menit, kembali aktifkan. Tarik tuas gas sampai kecepatan putaran mesin (RPM) tengah. Lihatlah apakah knalpot menyemburkan asap putih pekat? Apabila iya, tarik terus tuas gas berulang-kali.

Sembilan. Perawatan Rantai

Lanjut semprotkan pelumas sediakan secukupnya secara rata. Pakainya oli baru yg mempunyai kekentalan maupun SAE 60W & janganlah pakai gemuk. Lantaran karakter gemuk yg lengket bikin pasir & debu gampang melekat sampai mengakibatkan abrasif. Disamping kebersihan rantai, check & cocokkan kemelut rantai supaya tdk memberikan dampak entakan waktu motor berakselerasi ataupun deselerasi.

Sepuluh. Perawatan Helm

Bersihkan helm, siapkan tiga type cairan. Untuk mengusir kotoran di visor & sisi luar helm, dapat gunakan cairan pembersih kaca. Bila masih tetap ada bercak dapat digosok dngn bahan khusus pembasmi noda, ada dlm bentuk cairan maupun cream. Untuk mengangkat kotoran pd busa maupun kain di dlm helm pun ada cairan spesial.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih