Cara Memeriksa dan Mengetes Power Supply di Komputer

By | August 11, 2015

Cara Memeriksa dan Mengetes Power Supply di Komputer – Power supply adalah salah satu bagian terpenting didalam sebuah komputer. Power supply ini bisa diibaratkan dengan jantungnya komputer. Fungsi dari power supply adalah untuk memompa atau menyalurkan daya listrik ke seluruh bagian yang ada di komputer. Apabila power supply mengalami masalah tentunya unit unit yang ada di dalam komputer akan terganggu kinerja nya.

Gangguan ataupun kerusakan dari power supply banyak macamnya. Hal yang paling sering ditemui ketika power supply mengalami kerusakan adalah komputer tidak bisa nyala sama sekali. Apabila power supply komputer mengalami drop, maka biasanya komputer secara power nyala namun tidak ada sinyal yang muncul di monitor. Disamping itu, apabila ada gangguan di power supply komputer juga biasanya akan membuat komputer sering hang, sering restart, bahkan sering mati sendiri.

Oleh sebab itulah kita harus melakukan pengecekan terhadap power supply apabila gejala gejala diatas muncul pada komputer yang kita miliki. Langkah yang paling sering digunakan oleh teknisi dalam melakukan pengecekan atau memeriksa kondisi power supply adalah dengan menggunakan voltmeter. Alat voltmeter ini berfungsi untuk melakukan pengecekan besarnya tegangan yang keluar dari masing masing kabel di power supply.

Voltmeter ini tentunya akan efektif penggunaannya bagi yang tahu tata cara menggunakan dari alat voltmeter tersebut. Tentunya akan menjadi ribet urusannya ketika kita tidak mengetahui langkah menggunakan voltmeter tersebut. Oleh sebab itu kita membutuhkan alat yang lebih praktis dimana bisa digunakan untuk melakukan pemeriksaan atau test pada power supply.

Ada sebuah alat praktis yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan tes dan memeriksa kondisi power supply. Alat tersebut bernama power supply tester. Power supply tester bisa kita manfaatkan untuk memeriksa sekaligus mengecek seluruh bagian dari output power supply.

Dengan hanya menancapkan atau memasang kabel dari tiap bagian power supply, kita sudah bisa mengetahui apakah kondisi power supply tersebut masih bagus atau sudah mengalami kerusakan. Power supply tester ini bisa kita gunakan untuk memeriksa kondisi dari bagian power 24 pin, bagian power sata, bagian power ata, bagian power atx,dan beberapa bagian yang lainnya.

Cara Memeriksa dan Mengetes Power Supply di Komputer

Cara Memeriksa dan Mengetes Power Supply di Komputer

Cara Memeriksa dan Mengetes Power Supply di Komputer

Cara Memeriksa dan Mengetes Power Supply di Komputer

Pada power supply tester ini disediakan lampu indikator yang bisa dimanfaatkan sebagai tanda apakah power supply tersebut dalam kondisi rusak atau masih bagus. Apabila pada proses pemeriksaan terdapat lampu yang tidak menyala atau lampu dengan menyala yang redup berarti kondisi power supply tersebut sudah mengalami kerusakan.

Alat power supply tester ini banyak dijual di toko komputer. Apabila anda cukup malas untuk pergi mencari di toko komputer, anda bisa langsung mencarinya lewat online shop yang sekarang sudah cukup banyak beredar.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara mudah memeriksa dan mengetes kondisi power supply di komputer dengan mudah dan cepat serta efektif. Semoga bermanfaat.