Cara Memperbaiki Cartridge yang Rusak

By | August 18, 2013

Cara Memperbaiki Cartridge yang Rusak – Postingan dibawah ini merupakan panduan cara melakukan perbaikan cartridge yang rusak, trick melakukan perbaikan cartidge yang error dan juga bermasalah. Cara ini dapat digunakan pada cartridge printer canon, di mana cartridde-nya pada head-chip-inktank gabung jadi satu. Diantaranya adalah jenis :

  1. Cartridge pg 830 & cl 831
  2. Cartridge pg 810 & cl 811
  3. Cartridge pg 40 & cl 41

Gejala serta penyebab cartridge rusak cukup banyak, tetapi kalau dilihat secara umum rusaknya cartridge canon cuma ada dua jenis, yakni : rusak head cartridge serta juga rusak chip cartridge.

Baik, saat ini mari kita segera ulas satu per satu mengenai kerusakan cartridge dan cara memperbaikinya :

1. Head cartridge rusak

Head cartridge rusak dapat dikarenakan oleh :

  • penyumbatan disebabkan tinta yang mengering, hingga sudah pasti dapat menyumbat jalannya tinta waktu dipakai buat mencetak.
  • kotoran atau kerapkali debu yang masuk ke cartridge berbarengan bercampur masuknya tinta, hingga menyumbat lubang-lubang head ( bhs kerennya nozle ).
  • panas berlebih disebabkan head yang dipaksa bekerja mencetak dalam jumlah yang banyak tanpa istirahat.
  • ujung head tergores disebabkan benturan/bergesekan dengan benda yang lebih keras. diameter lubang head cartridge amat kecil, bisa dibilang lebih kecil dari diameter rambut manusia, jadi jika ujung head ini terbentur/tergesek benda keras dapat gampang sekali rusak.

Jalan keluar / cara mengatasinya :

Head cartridge rusak yang tetap dapat diperbaiki yakni : head cartridge yang terhalang baik oleh tinta yang mengering atau kotoran semisal debu yang masuk bercampur tinta. Jalan keluar penangan bergantung kondisi rusaknya head cartridge, dari yang mudah hingga yang berat. Gejala penyumbatan cartridge sudah pasti ditandai dengan tidak keluarnya tinta dengan prima waktu mencetak.

  • Penyumbatan mudah : Kerjakan sistem cleaning memakai software dari bawaan printer, bila tetap belum juga dapat menolong, kerjakan sistem deep cleaning memakai software bawaan printer juga.
  • Penyumbatan tengah : Gunakan alat yang yang bisa dikenal dengan sebutan toolkit penyedot cartridge. Caranya menggunakannya juga gampang, yaitu cukup gunakan cartridge yang punya masalah pada toolkit lantas sedot memakai suntikan.
  • Penyumbatan berat : Rendam head cartridge gunakan cairan cleaner ( sudah pasti bukan hanya sembarang cairan cleaner ), waktu merendam usahakan jangan terkena dan membasahi bagian chip cartridge. Lamanya bergantung tingkat rusaknya penyumbatan head cartridge ( dapat 15 menit, 1 jam, dan kadang hingga sampai 1 hari ). Lalu bisa juga dengan teknik gabungan memakai toolkit penyedot cartridge.
  • Penyumbatan extra berat : Tidak dapat diterangkan dengan mendetail ( untuk menjelaskan dapat hingga satu bahan postingan, he…. ). Namun intinya memakai printer Canon ( yang telah tidak dipakai/rusak ) yang dimodifikasi di ambil fungsi vakumnya. Nah… vakum inilah yang kita gunakan untuk bersihkan penyumbatan pada cartridge, cara kerjanya membuat sirkulasi aliran gunakan bantuan vakum printer canon bekas yang dimodif tadi. dalam membuat aliran sirkulasi di sini, gunakan cairan cleaner.

2. Chip cartridge yang mengalami rusak

Chip yang rusak biasa ditandai dengan munculnya pesan-pesan error pada layar komputer misalnya: Unrecognized cartridge, Not compatible atau cartridge belum terpasang, yang intinya cartridge rusak mesti harus diganti. Tetapi janganlah diganti terlebih dulu, siapa tau cara berikut ini dapat menyelamatkan cartridge anda.

Penyebab chip cartridge rusak :

  • konsleting pada konektor disebabkan terkena cairan, sebagai contohnya berasal dari tinta.
  • kelebihan arus disebabkan tegangan listrik yang tidak stabil.
  • kotoran yang menempel pada konektor chip cartridge.
  • dan yang paling akhir ini rusaknya yang dikarenakan oleh cartridge itu sendiri ( wah bingung… bagaimana maksudnya ?… ). Untuk yang satu ini belum tau juga kebenaranya cuma dengar sumber dari membaca search di google, tetapi sebenarnya kerapkali juga kerusakan terjadi pada cartridge yang telah habis level tintanya atau yang telah berulang kali disuntik refill. Kembali pada cartridge yang rusak dikarenakan oleh cartridge itu sendiri. Lantas pihak produsen memanglah sengaja membuat cartridge yang cuma sekali gunakan hingga tinta habis dan cartrige maksudnya dirancang bakal merusak dirinya sendiri ketika level tinta original habis. Sudah pasti tujuan produsen supaya konsumen tidak dapat lagi merefill atau memakai kembali cartridge yang sudah habis tersebut serta ujung-ujungnya dituntut untuk beli tinta dari cartridge original ( wah… panjang juga ).

Jalan keluar / cara mengatasinya :

  • Chip kotor : Bersihkan memakai cairan alkohol, usapkan dengan tisu di bagian konektor chip yang kotor.
  • Chip rusak : Cara ini terkadang dapat menolong, tingkat keberhasilannya 50 :50. tak ada salahnya juga untuk dicoba, jika memang ada peluang dan ada kemungkinan untuk sukses. yakni lewat cara memanaskan konektor chip memakai ujung solder. Caranya :
    Pakai solder dengan ujung yang lancip.
    Panaskan solder dengan panas tengah.

    Berikan flux solder dibagian conector chip, supaya kabel flexible chip tidak rusak terkena solder nantinya.
    Tempelkan ujung lancip solder pada tiap-tiap konektor chip cartridge sepanjang lebih kurang 5 detik ( hati-hati jangan sampai kena kabel flexible nya ), kerjakan dengan hati-hati.

Itulah tadi  beberapa tulisan berbagi dari pengalaman melakukan perbaikan cartridge yag rusak, masalah cartridge rusak banyak jenisnya, catatan tersebut semoga dapat memberikan gambaran serta jalan keluar masalah cartridge.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih