Cara Mempercepat Booting Windows Xp Agar Lebih Enteng Dan Cepat

By | September 26, 2016

Terkadang bagi anda yang menggunakan windows XP dihadapkan dengan booting awal yang terlalu lama. Hal ini pastinya akan sangat mengganggu untuk membuat pekerjaan anda bisa beres dengan waktu yang cepat. Nah, jika anda tidak ingin membuat booting laptop ataupun computer anda menjadi semakin lelet maka anda harus menggunakan cara mempercepat booting windows xp berikut ini. Cukup dengan cara yang mudah ini anda bisa mendapatkan perangkat anda lebih cepat dan lebih enteng saat digunakan.

Cara mempercepat booting windows xp

Cara mempercepat booting windows xp yang mudah

Sebenarnya untuk membuat booting windows xp tidak lama bisa anda lakukan dengan cara yang sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke tukang service laptop. Cara mempercepat booting windows xp adalah pertama kali klik Start kemudian klik lagi Run. Setelah itu, pada kolom yang ada di jendela Run ketik “msconfig” kemudian klik OK. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela yang baru berupa “System configuration Utility”. Kemudian klik “BOOT.INI” pada kolom atas pada jendela windows tersebut.

Nah, selanjutnya pada menu BOOT.INI, cari kotak “Timeout” kemudian isi dengan angka 4. Cara mempercepat booting windows xp ini memerlukan berapa lama waktu untuk menunggu booting. Kemudian klik OK. Pada kolom tersebut juga bisa anda tuliskan sesuai dengan kebutuhan anda, misalnya 5 detik ataupun 10 detik. Nah, jika cara ini sudah selesai maka berikutnya anda bisa melakukan cara selanjutnya agar anda bisa menjalankan laptop ataupun computer lebih baik lagi.

Cara untuk mempercepat booting pada windows xp berikutnya adalah hapus berkas temporary yang ada pada perangkat anda secara berkala. Hal ini juga semakin bisa membuat laptop atau perangkat anda lebih cepat dan lebih kencang. Cara mempercepat booting windows xp dengan cara ini adalah klik Start kemudian Run kemudian tuliskan “%temp%” kemudian klik OK. Berikutnya anda akan dimunculkan oleh banyak sekali folder dan file-file temp yang siap untuk anda hapus. Caranya anda bisa langsung menghapus secara total ataupun satu persatu. Dengan cara ini pastinya akan membuat data pada laptop ataupun perangkat sedikit berkurang dan membuat laptop anda semakin kencang lagi.

Ada cara mempercepat booting windows xp yang lain yang juga bisa anda pilih sebagai cara untuk membuat laptop atau perangkat anda lebih cepat lagi. Caranya adalah dengan melakukan scandisk secara berkala pada computer anda. Caranya juga sangat mudah yaitu klik kanan pada folder Local Disk (C:) kemudian klik check now. Lakukan secara berkala maka anda bisa terus menghilangkan berbagai kerusakan pada laptop sehingga membuat system booting semakin cepat. Dengan cara ini pastinya tidak hanya membuat laptop anda cepat saat bootin melainkan juga membuat laptop anda makin enteng saat digunakan.