Cara Mempercepat Kinerja Komputer Windows XP

By | February 4, 2016

Cara mempercepat kinerja komputer Windows XP – Walaupun dukungan untuk para pengguna komputer Windows XP sudah tidak ada, namun secara umum pengguna dari komputer yang menggunakan sistem operasi Windows XP masih banyak. Satu alasan yang membuat para pengguna Windows XP masih bertahan menggunakan sistem operasi tersebut adalah kemudahan dalam mengoperasikannya serta kebutuhan sumber daya komputer yang tidak terlalu tinggi. Windows XP bisa dijalankan menggunakan komputer dengan spesifikasi yang cukup rendah.

Akan tetapi seiring dengan penggunaan, tentunya kinerja komputer Windows XP akan menurun. Hal tersebut dikarenakan banyaknya file sampah dan juga berbagai macam hal yang menyebabkan kinerja komputer Windows XP melambat. Oleh karena itu tentunya diperlukan cara mempercepat kinerja komputer berbasis Windows XP supaya pekerjaan anda tidak terganggu dan anda tetap bisa menyelesaikan tepat waktu.

Sebenarnya sudah banyak teman-teman yang memberikan cara mempercepat kinerja komputer, namun ada baiknya pada kesempatan yang baik ini saya juga akan mencoba untuk berbagi pengalaman cara mempercepat kinerja komputer khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows XP.

Beberapa hal yang bisa anda coba untuk mempercepat kinerja komputer Windows XP adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama silahkan anda matikan system restore dari Windows XP. Tujuannya supaya Windows XP tidak menyimpan dan menggunakan hardisk yang terlalu besar untuk menyimpan file backup dari system restore tersebut.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan disk clean up pada hardisk berhenti melakukan disk clean up untuk seluruh drive yang tersedia. Caranya tentu dengan klik kanan drive, lalu pilih properties. Silahkan anda tekan tombol disk clean up dan tunggu beberapa saat sampai muncul sebuah jendela untuk menentukan jenis file mana saja yang akan dibersihkan. Silahkan anda ceklis seluruh jenis file yang akan dibersihkan, kemudian klik tombol oke. Tunggulah beberapa saat sampai proses pembersihan file sampah selesai.
  3. Kosongkan juga recycle bin yang ada di desktop caranya cukup mudah yaitu dengan klik kanan icon recycle bin, kemudian pilih menu empty recycle.
  4. Jangan lupa juga untuk meminimalisir jumlah ikon yang ada di desktop. Apabila memungkinkan anda bisa menonaktifkan tampilan icon yang ada di desktop. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap kinerja komputer
  5. Visual efek yang ada di Windows XP cukup memakan sumber daya komputer. Efek mengecil ketika di sebuah jendela di minimalis ke taskbar atau efek vit pada saat anda melakukan klik kanan mouse adalah contoh efek visual yang ada di Windows XP. Lebih baik anda menonaktifkan fitur tersebut.
  6. Lakukan juga proses disk defrag secara berkala guna menjaga posisi file yang ada di hardisk selalu rapi. Apabila letak file yang ada di hardisk cukup rapi maka proses pembacaan harddisk juga akan lebih mudah dan cepat.
  7. Nonaktifkan virtual memory apabila anda menggunakan ukuran ram fisik yang cukup besar. Dengan ukuran ram sebesar 2 gb tentunya anda sudah cukup berani untuk mematikan virtual ram pada komputer Windows XP.
  8. Nonaktifkan juga beberapa program yang ikut di laut pada saat komputer menyala. Fitur msconfig yang bisa anda panggil melalui jendela run tersebut adalah salah satu fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mengatur software mana saja yang bisa ikut aktif pada saat komputer dinyalakan. Silahkan anda matikan software yang lain apabila tidak diperlukan.
  9. Ingin cepat lagi, anda bisa menghilangkan wallpaper pada desktop dan menggantinya dengan warna solid saja. Misalnya warna hitam.
  10. Jangan lupa untuk selalu melakukan update antivirus dan juga scan komputer terhadap virus yang kemungkinan masuk. Lakukan secara rutin satu bulan sekali.

Apabila anda melakukan beberapa tahapan diatas tentunya komputer anda terutama yang menggunakan Windows XP akan selalu terjaga performanya. Sehingga anda selalu bisa berusaha untuk mempercepat kinerja komputer berbasis Windows XP. Mudah-mudahan artikel di atas bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan selamat mencoba.