Cara mempercepat kinerja komputer

By | February 27, 2016

Cara mempercepat kinerja komputer – Bagian dari komputer yang sering di otak-atik oleh penggunanya adalah bagaimana proses mempercepat kinerja komputer. Tersebut dikarenakan kecepatan dari kinerja komputer sangat berpengaruh terhadap waktu dari penyelesaian pekerjaan menggunakan komputer itu sendiri. Oleh karena itu tentunya sangat banyak diantara pengguna komputer yang mengharapkan komputernya bisa bekerja lebih cepat.

Mempercepat kinerja komputer sekarang ini bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan pula pekerjaan yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan komputer sekarang ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat indonesia. Disamping itu tutorial mengenai cara menggunakan komputer baik secara software maupun hardware sudah sangat banyak, sehingga sudah banyak media yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi dalam mengenal komputer, salah satu diantaranya adalah proses maintenance cara mempercepat kinerja komputer.

Cara mempercepat kinerja komputer bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengawali proses mempercepat kinerja komputer adalah dengan melakukan pembersihan hardisk dari berbagai macam file sampah file yang tidak berguna lainnya. Untuk melakukan pembersihan file sampah tersebut, anda bisa memanfaatkan fitur di dalam sistem operasi Windows dengan nama disk clean up fitur ini berfungsi untuk membersihkan komputer dari adanya file sampah.
  2. Setelah proses pembersihan file sampah dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah dengan menata kembali ruang hardisk. Tersebut dikarenakan setelah proses pembersihan file sampah pada komputer hape biasanya letak atau lokasi dari berbagai macam file di komputer akan sedikit berantakan. Untuk itulah posisi yang berantakan tersebut perlu untuk dirapikan. Untuk kegiatan pembersihan file sampah menggunakan disk clean up, sedangkan untuk proses penataan ulang file di dalam hardisk menggunakan disk defragment.
  3. Selanjutnya anda juga bisa mengurangi software yang ikut aktif pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Tujuannya supaya waktu loading komputer bisa dipangkas. Untuk melakukan proses penonaktifan software yang ikut di loading pada saat komputer dinyalakan, anda bisa memanfaatkan fitur msconfig yang bisa dipanggil lewat jendela run.
  4. Selanjutnya anda juga bisa menonaktifkan visual effect yang sering digunakan untuk mempercantik tampilan dari Windows itu sendiri. Tentunya anda akan melihat animasi jendela mengecilkan kebagian taksbar ketika kecilkan atau di besarkan. Atau mungkin anda juga melihat animasi fade in dan fade out manakala anda menampilkan sebuah menu. Animasi-animasi seperti itu tentunya banyak menggunakan sumber daya komputer yang akan berakibat pada penurunan kinerja komputer. Lebih baik anda mematikannya.
  5. Dan tidak kalah pentingnya adalah menambah kapasitas ram secara fisik di komputer. Penambahan kapasitas ram di komputer tentunya sangat berpengaruh terhadap performa komputer itu sendiri. Ketika anda menambah ram maka performa komputer akan semakin bagus, akan semakin cepat manakala anda membuka banyak program secara bersamaan.

Sekian tutorial mengenai cara mempercepat kinerja komputer baik secara software maupun secara hardware. Mudah-mudahan artikel tentang mempercepat komputer ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.