Cara Mempercepat Koneksi Komputer

By | January 22, 2016

Cara mempercepat koneksi komputer – Siapapun pastinya mengharapkan supaya koneksi internet di komputer cukup cepat. Namun kecepatan yang dimiliki oleh masing-masing koneksi komputer akan berbeda. Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan koneksi internet di komputer baik infrastruktur maupun bagian yang lainnya. Untuk itulah perlu diketahui cara mempercepat koneksi komputer supaya anda bisa lebih nyaman dan aman dalam menggunakan komputer untuk berinternet.

Ada berbagai macam hal yang perlu anda ketahui supaya koneksi komputer dalam mengakses internet lebih cepat. Proses mempercepat koneksi internet yang akan saya sampaikan pada kesempatan kali ini sifatnya adalah umum sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan referensi dalam menentukan koneksi internet untuk komputer anda.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mendapatkan koneksi internet yang tepat pada komputer adalah:

  1. Apabila anda menggunakan koneksi usb modem untuk mengakses internet di komputer, maka pastikan jaringan yang tersedia di tempat anda sudah mendukung jaringan 3g. Syukur-syukur lokasi anda sudah cover jaringan 4g sehingga koneksi data yang anda miliki bisa lebih cepat lagi. Pada bagian ini pastikan juga operator atau isp yang anda gunakan untuk mengakses internet mendukung jaringan yang cepat tersebut.
  2. Apabila anda menggunakan koneksi pihak telkom untuk mengakses internet maka usahakan anda memilih koneksi menggunakan fiber optik. Koneksi dengan menggunakan fiber optic tentunya akan lebih bagus dan cepat karena koneksi tersebut fokus kepada koneksi data dan tidak terpecah untuk koneksi jaringan telepon
  3. Tidak melakukan sharing koneksi internet anda. Karena hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap jatah kuota atau bandwidth untuk tiap komputer. Apabila anda menggunakan koneksi komputer untuk sendiri, maka kuota atau bandwidth internet akan masuk ke komputer anda semuanya. Berbeda ketika anda melakukan sharing koneksi internet, maka masing-masing komputer akan memerlukan bandwidth. Apabila salah satu komputer melakukan download file, maka tentunya hal tersebut akan menyebabkan bandwidth internet tersedot semuanya.
  4. Gunakan software browsing yang bagus dalam hal kompresi data. Tujuan dari kompresi data tentunya supaya proses transferring data pada internet tidak membutuhkan bandwidth yang lebar sehingga bisa dilakukan dengan lebih cepat.
  5. Gunakan juga software yang bisa menjaga supaya koneksi internet tetap stabil. Apabila koneksi internet stabil, tentunya hal tersebut akan berimbas pada koneksi komputer yang semakin cepat.
  6. Ingin cepat lagi? Tentunya dengan memasang jaringan komputer dengan bandwidth yang cukup lebar. Sekarang ini internet 10 mega merupakan batas minimal yang harus dimiliki oleh pengguna komputer agar selalu merasa aman dan nyaman dalam mengakses internet.

Demikianlah sedikit tutorial mengenai cara mempercepat koneksi internet di komputer. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda. Terima kasih.