Cara mempercepat pengetikan dengan menggunakan fitur AutoCorrect di Microsoft Word 2007

By | September 9, 2012

Cara mempercepat pengetikan dengan menggunakan fitur AutoCorrect di Microsoft Word 2007corelita.com – Tentunya akan cukup membosankan jika dalam proses pengetikan kita menemukan kalimat yang ditulis sama secara berulang-ulang. Memang bisa memanfaatkan fasilitas copy dan paste, tetapi menurut saja juga hal tersebut tidaklah begitu efektif. Ada cara yang menurut saya cukup efektif dalam menyingkat proses penulisan kalimat yang panjang yang terkesan diulang-ulang.

Jadi intinya, ketika kita mengetikan sebuah kalimat atau teks pendek yang sudah diatur, maka setelah tombol enter ditekan, maka kalimat atau teks pendek tersebut akan berubah menjadi kalimat panjang yang sudah kita masukan sebelumnya.

Sebagai ilustrasi, dalam membuat sebuah document saya sering mengetikan kalimat “Sebuah blog harus diupdate kontentnya secara rutin dan unik”. Jika diketik manual tentunya sangat merepotkan. Nah, sebagai gantinya saya akan menggunakan teks yang lebih pendek untuk mengetikan kalimat diatas, misalnya “ruup”. Setelah saya menulis kata “ruup” dan menekan tombol Enter, maka secara otomatis akan berubah menjadi kalimat “Sebuah blog harus diupdate kontentnya secara rutin dan unik”.

Oke, langsung saja, berikut beberapa langkah yang bisa anda coba untuk membantu anda dalam mempercepat proses pengetikan :

  1. Klik tombol Office Button, pilih Word Options
  2. Dibagian sebelah kiri, klik menu Proofing
  3. Klik tombol AutoCorrent Option yang ada disebelah kanan
  4. Berikan checklist terhadap semua tanda cetang yang ada disitu
  5. Terakhir, masukan kata-kata yang diinginkan dibagian Replace dan With. Bagian replace diisi dengan teks pendek yang nantikan akan diketik di document. Sementara With diisi dengan teks atau kalimat panjang yang nantinya akan dimunculkan sebagai pengganti kalimat pendek yang di ketik didokument. Jadi jika kita mengetikan teks atau kalimat pendek yang kita tulis di Replace, maka setelah kita tekan tombol enter akan secara otomatis berubah menjadi teks atau kalimat panjang yang kita masukan di bagian with.
  6. Jika sudah klik tombol Add.
  7. Silahkan ulangi terus memasukan daftar kata yang akan digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pengetikan dalam membantuk menyelesaika pekerjaan anda.

Demikian informasi yang bisa corelita.com sampaikan saat ini, semoga bisa memberikan dan menambah wawasan bagi pengunjung semua. Terima kasih