Cara mencegah server hosting overload pada blog wordpress

By | September 7, 2012

Cara mencegah server hosting overload pada blog wordpresscorelita.com – Bagi pemilik blog dengan pengunjung yang cukup banyak tentunya akan selalu menjaga agar server hosting yang disewanya tidak overload akibat terlalu banyak request atau akses ke blog yang dimilikinya. Karena jika sudah overload otomatis pihak hosting akan melakukan suspend terhadap blog yang menggunakan resource terlalu tinggi.

Kalo sudah di suspend khan otomatis akan menjadikan blog/web seakan beku, dan penghasilan juga akan turun jika blog tersebut sudah di uangkan. Suspend tersebut memang sifatnya sementara, yang biasanya akan dibuka kembali jika blog yang bersangkutan sudah turun penggunaan resourcenya. Nah mungkin cara mencegah server hosting overload atau crash yang akan corelita.com berikan akan bermanfaat bagi pengunjung semua.

Bagi pengguna wordpress, silahkan modifikasi script thema, bisa dilakukan melalui menu appearance –> editor, kemudian pilih header.php

Kemudian tambahkan script berikut (bisa langsung copy paste saja):

<?php
//Cek CPU Load
$load = sys_getloadavg();
$limit = 25;
if ($load[0] >= $limit) {
header(‘HTTP/1.1 503 Too busy, try again later’);
die(‘<center><h2>Maaf…. Server terlalu sibuk, silahkan coba beberapa saat lagi, terima kasih…….</h2><br/>copyright &copy; 2011.</center>’);
}
?>

Taruh script tersebut di baris paling atas di editor header.php tersebut

Untuk $limit bisa diset sesuai dengan keinginan, tetapi kebanyakan pihak hosting memberikan toleransi 25 selama 90 detik. Jika dalam waktu 90 detik CPU load tidak turun, maka otomatis pihak hosting akan mensuspend blog tersebut. Nah, jika menggunakan script tersebut, maka ketika CPU load mencapai 25, secara otomatis blog akan mengeluarkan pesan “Maaf…. Server terlalu sibuk, silahkan coba beberapa saat lagi, terima kasih…….” dan proses kebawah tidak akan dijalankan. Dengan begitu dapat dipastikan CPU usage akan segera turun.

Jika CPU usage sudah turun, maka blog akan segera terbuka kembali secara oromatis, tanpa kita repot-repot menghubungi pihak hosting untuk membuka suspend tersebut.

Untuk batas maksimal CPU load dan lama waktunya memang berbeda-beda, silahkan hubungi saja penyedia layanan hosting masing-masing. Angka 25 adalah sebagai contoh untuk hosting hostgator. Untuk free hosting biasanya akan memiliki angka yang lebih rendah lagi.

Demikian yang bisa corelita.com sharing, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung semua. Terima kasih