Cara Mengatasi Handphone Yang Terendam Air

By | August 26, 2013

Cara Mengatasi Handphone Yang Terendam Air – Sekarang ini handphone bukan hanya barang sekunder, tetapi telah berpindah jadi barang primer yang amat dibutuhkan, dimulai dari kota sampai ke pelosok desa seandainya ada jaringan seluler, sehingga tidak ayal lagi bila perangkat ini senantiasa dibawa kemana saja kita pergi serta di mana saja kita berada, apalagi waktu kita beraktifitas pada area yang berair atau didaerah perairan.

Di dalam menjalankan kegiatan di atas kadang waktu kita lalai bisa membuat handphone punya kita terjatuh kedalam air. Kondisi tersebut kadang-kadang membuat kita bingung untuk mengetahui bagaimana langkah menangani handphone yang terjatuh kedalam air atau terendam air ? Nah, di bawah ini yaitu langkah menangani handphone yang terendam air serta langkah-langkahnya. Air yang masuk kedalam handphone dapat menyebabkan aliran pendek arus listrik serta membuat handphone kita mati keseluruhan.

Di bawah ini yaitu langkah menangani handphone yang terendam air, serta langkah-langkahnya :

  1. Ambillah handphone anda dari didalam air, selanjutnya segera matikan handphone dengan cepat, langkah praktis dan tercepat adalah dengan melepas baterai handphone hingga segera off.
  2. Jika handphone yang terjatuh didalam situasi tengah di charge, anda butuh berhati – hati so… Janganlah segera mengambil handphone tersebut. Dikarenakan bisa membuat anda tersengat listrik disebabkan aliran listrik dari charger, baiknya cabutlah charger dari stop kontak listrik, baru setelah itu ambillah handphone dengan langkah menarik kabel charger yang tetap tertanam pada handphone.
  3. Selanjutnya keringkan handphone dengan langkah melepas seluruh aksesori yang ada dimulai dari cover sampai baterai. Agar tidak timbul masalah kerusakan  yang fatal akibat oleh masuknya air kedalam komponen handphone, setelah itu segera lepaskan aksesori yang ada dari cover handphone dan baterai, lalu keringkan seluruh komponen tersebut, dapat dengan langkah di seka memakai kain, tisu ataupun handuk.
  4. Lepaskan sim card serta memory card. Meskipun ke-2 sisi ini relatif tahan pada air, tetapi komponen ini bila tidak dilepaskan dapat menahan cairan yang masuk kedalam sela sela komponen handphone tersebut. Selain itu, dapat pula terjadi kemungkinan sim card atau memory card juga basah akibar terendam air sehingga bisa menyebabkan korosi di bagian – sisi handphone yang terbuat dari material metal. Masukkan ke-2 sisi ini kedalam handphone bila telah benar – benar kering.
  5. Memakai penyedot debu serta alcohol. Langkah lain untuk lakukan pengeringan pada handphone yang terendam air bisa juga memakai alkohol yang diteteskan pada kain saat menggosok komponen handphone. Anda juga bisa mengeringkan handphone yang terendam air gunakan vacum cleaner atau penyedot debu bila anda memilikinya. Dengan langkah mengarahkan alat tersebut kedalam bagian-bagian handphone yang basah, kegiatan ini kita kerjakan lebih kurang 20 menit. Berikutnya corong pada vacum cleaner jaraknya janganlah terlampau dekat dengan handphone, dikarenakan vacuum cleaner memiliki daya listrik statis yang dapat membahayakan handphone anda. Janganlah memakai hair dryer atau pengering rambut, kipas angin ataupun alat yang menghembuskan angin, dikarenakan pemakaian alat alat tersebut justru dapat menyebabkan cairan lebih masuk kedalam sela – sela handphone yang lebih didalam.
  6. Pakai silica gel atau memakai beras. Untuk membuat handphone anda benar – benar kering, dapat juga anda memakai silica gel dengan langkah memasukkannya kedalam wadah yang tertutup dengan durasi beberapa saat sambil posisi hadphone dibolak-balik supaya dapat kering dengan merata. Bila anda tidak mempunyai silica gel ada alternatif lain yaitu gunakan beras, langkahnya masukkan handphone kedalam beras serta membiarkannya kurun waktu semalam atau dapat juga lebih.
  7. Cobalah nyalakan handphone. Sesudah seluruh langkah dan usaha yang sudah anda kerjakan, masukkan baterai serta nyalakan handphone anda. Jika pada langkah ini sukses serta handphone kembali menyala dengan normal maka silakan gunakan kembali seluruh komponen yang dilepaskan memasang cover, sim card serta memory card. Tetapi jika handphone pada posisi tetap tidak dapat menyala atau dapat menyala namun tidak dapat beroperasi normal seperti awal mulanya, ada kemungkinan handphone anda alami korosi di bagian sisi metal handphone yang dikarenakan oleh air yang belum benar benar kering. Karenanya silakan anda mengulangi langkah langkah di atas, lalu jika handphone yang sudah diusahakan dengan langkah diatas kembali sudah benar benar kering cobalah hidupkan kembali.

Namun bila belum juga akan menyala atau belum normal, langkah jitu setelah itu yaitu silakan bawa handphone anda ke service center paling dekat sebagai andalan anda serta jika telah tidak dapat diselamatkan lagi bermakna handphone anda kelihatannya mesti mencari model-model handphone lain dengan cara membeli handphone keluaran baru.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih