Cara mengatasi komputer lelet

By | August 18, 2017

Cara mengatasi komputer lelet – Tentunya anda cukup jengkel ketika menggunakan komputer yang lelet bukan? Selain anda harus bersabar menunggu proses kerja dari komputer itu sendiri, anda juga biasanya akan mengalami keterlambatan karena kinerja komputer itu sendiri. Untuk itulah anda harus melakukan sebuah maintenance komputer supaya komputer yang lelet tersebut bisa segera kembali pulih dan dapat bekerja lebih cepat dan lebih maksimal.

Di dalam sistem operasi Windows sudah disediakan banyak tool yang bisa digunakan untuk mengatasi komputer yang lelet tersebut hanya saja tidak semua orang atau pengguna komputer mengetahui fungsi dan cara menggunakan tool tersebut. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini izinkan saya untuk berbagi wawasan dengan anda mengenai cara mengatasi komputer lelet menggunakan tool yang sudah disediakan oleh sistem operasi Windows.

Pada tutorial yang akan saya sampaikan tentunya akan berbeda cara, tergantung dari versi sistem operasi Windows tersebut. Namun secara umum, cara mengatasi komputer lelet pada sistem operasi Windows adalah sama. Hanya saja tampilan dan menunya yang berbeda.

Cara mengatasi komputer lelet secara software Windows:

  1. Langkah pertama tentunya dengan melakukan pembersihan berbagai macam jenis file sampah yang muncul akibat dari penggunaan komputer itu sendiri. Anda bisa memanfaatkan fitur disk clean up untuk mengatasi hal tersebut. Atau apabila anda ingin menggunakan software pihak ketiga, anda bisa menggunakan software ccleaner.
  2. Langkah berikutnya adalah dengan mematikan system restore guna menghemat kapasitas hardisk yang anda miliki. System restore tentunya akan membutuhkan kapasitas hardisk yang cukup tinggi manakala anda sering melakukan perubahan konfigurasi software pada sistem operasi Windows, terutama bagi anda yang senang menginstal dan menghapus software aplikasi.
  3. Melakukan disk defragmenter adalah salah satu bagian terpenting guna mempercepat proses pembacaan harddisk sekaligus memperbaiki file file yang terfragmentasi. Dengan posisi file hardisk yang teratur, tentunya sistem operasi Windows akan lebih cepat mendapatkan file yang dicari. Tentunya file tersebut berdasarkan keinginan dari pengguna komputer yang bersangkutan.
  4. Mematikan berapa software yang ikut diload pada saat komputer dinyalakan adalah salah satu bagian penting guna mengatasi komputer yang lelet terutama pada saat booting. Di dalam sistem operasi Windows anda disediakan fungsi msconfig untuk melakukan hal tersebut.
  5. Apabila anda menginginkan performa tambahan guna mengatasi komputer lelet, maka anda juga bisa melakukannya secara hardware. Bagian terpenting yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan komputer supaya tidak lelet adalah dengan menambah kapasitas ram. Sebagai patokan angka ram 2gb merupakan angka minimal untuk sistem operasi Windows 8 dan Windows 7. Seandainya anda menginginkan performa yang lebih bagus, tentunya anda bisa memasang kapasitas ram yang lebih besar lagi.

Apabila memungkinkan anda juga bisa melakukan upgrade processor yang memiliki kecepatan lebih tinggi. Namun tentunya upgrade processor adalah salah satu bagian yang bisa dilakukan dengan biaya cukup tinggi. Berbeda dengan upgrade atau penambahan kapasitas dari ram. Namun pilihan tetap pada anda, seandainya anda menginginkan supaya komputer tidak lelet maka proses upgrade juga merupakan salah satu alternatif yang bisa diambil.

Demikianlah tutorial mengenai cara mengatasi komputer lelet supaya anda bisa lebih betah berlama-lama menggunakan komputer karena komputer bisa mengimbangi apa yang anda harapkan. Terima kasih dan selamat mencoba.