Cara mengatasi komputer lemot

By | November 3, 2016

Cara mengatasi komputer lemot – Komputer lemot adalah salah satu jenis permasalahan yang harus segera ditangani. Bekerja dengan komputer yang lemot adalah salah satu pekerjaan yang sangat menjengkelkan dan menjenuhkan, lantaran kita harus sangat bersabar menunggu kinerja komputer tersebut. Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dengan anda mengenai cara mengatasi komputer yang lemot sehingga komputer tersebut bisa bekerja lebih cepat lagi dan tentunya hal tersebut akan menambah produktivitas dan efektivitas pada penggunaan komputer yang bersangkutan.

Komputer lemot memang banyak penyebabnya, namun setidaknya dengan melakukan beberapa langkah dan teknik komputer yang lemot itu bisa di genjot lagi kecepatannya sehingga nantinya bisa bekerja lebih cepat lagi. Komputer lemot biasanya muncul akibat dari penggunaan komputer itu sendiri. Semakin lama komputer tersebut digunakan maka akan semakin lemot komputer itu dipakai. Demikian juga ketika anda sering menambah atau menginstall software aplikasi, tentunya komputer biasanya akan menjadi bertambah lemot

Bahkan tanpa diapa-apakan pun, hanya digunakan saja untuk bekerja sehari-hari, untuk mengetik, untuk browsing, untuk mengedit video dan pekerjaan lainnya juga lama-kelamaan komputer akan menjadi lemot. Hal tersebut tentunya diakibatkan oleh banyaknya file sampah atau file temporary hasil kerja dari pengguna komputer itu sendiri. Oleh sebab itulah dibutuhkan beberapa langkah guna mengatasi komputer yang lemot tersebut.

Cara mengatasi komputer lemot:

  1. Langkah pertama silahkan anda memanfaatkan fasilitas disk clean up yang sudah disediakan oleh Windows itu sendiri. Fitur tersebut bisa anda panggil melalui menu start kemudian pilih all program, lalu pilih aksesoris, kemudian pilih sistem tool dan yang terakhir adalah pilih disk clean up. Anda bisa menentukan harddisk mana yang akan dibersihkan. Sebagai patokan karena sistem operasi Windows biasanya tersimpan pada direktori c, maka sangat direkomendasikan untuk membersihkan direktori c tersebut.
  2. Langkah berikutnya yaitu mematikan fungsi dari system restore yang ada pada sistem operasi Windows. System restore tersebut memang bagus sekali fungsinya, yaitu untuk mengembalikan sebuah kondisi sistem operasi ketika suatu saat mengalami masalah. Hal tersebut tentunya untuk menghindari proses instal ulang yang memakan waktu terlalu lama. Namun ternyata system restore tersebut juga memakan kapasitas hardisk yang cukup banyak. Sehingga tentunya akan berimbas pada sistem komputer yang bertambah lemot.
  3. Mengurangi atau meminimalisir software aplikasi yang ikut diload pada saat komputer dinyalakan. Fungsi dari fitur ini tentunya untuk mengatasi supaya komputer tidak terlalu lama loading pada saat proses startup. Jadi pada tahapan ini anda cukup memilih software apa saja yang diperlukan untuk langsung ikut aktif ketika komputer dinyalakan. Biasanya software yang dibutuhkan adalah software proteksi seperti antivirus.
  4. Untuk menata ulang berbagai macam posisi file yang ada di hardisk bisa menggunakan fitur disk defragment. Fitur ini tentunya akan menata ulang file-file yang ada di dalam harddisk supaya tertata rapi. Dengan posisi file yang sudah tertata rapi maka sistem operasi Windows akan lebih cepat untuk mendapatkan file yang dicari pada saat dibutuhkan.
  5. Anda juga bisa menggunakan software bantuan pihak ketiga untuk memaksimalkan performa komputer supaya tidak lemot lagi. Untuk kegiatan bersih-bersih, anda bisa menggunakan ccleaner, defraggler untuk membantu anda melakukan proses disk defragmenter atau anda bisa menggunakan tune up utilities untuk melakukan maintenance seluruh bagian yang ada di komputer.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara mengatasi komputer lemot yang bisa anda coba satu persatu guna mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.