Cara Mengatur Bitrate Pada File Suara Menggunakan Adobe Audition

By | September 11, 2013

Cara Mengatur Bitrate Pada File Suara Menggunakan Adobe Audition – Adobe audition mempunyai sarana Save As yg agak banyak. Beragam jenis format audio disiapkan oleh adobe audition, dimulai dari MP3, Wav, MP4 dan lain-lain. Pokoknya amat lengkap. Namun dibalik itu, pastinya kita juga mesti mengatur beragam jenis konfigurasi format audio tersebut supaya hasil akhirnya makin bagus. Di antara yg butuh kita atur yaitu sisi bitrate nada. Bitrate nada ini amat memastikan mutu nada itu sendiri. Makin tinggi angka bitratenya, maka kualitasnya akan makin bagus, namun dampaknya, kapasitas dari file audio tersebut makin membesar. Nah, bagaimana langkah mengatur bitrate file audio ini ? Silakan simak terus artikel dibawah ini.

Pertama anda tentukan dulu Save As jenis – MP3. Lantas Save. Intinya demikian. Tetapi anda dapat mengatur option-option MP3, menngenai bitrate, sample rate, channel.

Disana kabal ada CBR serta VBR. Apa itu ? CBR mengacu pada constant bitrate sedangkan VBR mengacu pada variable bitrate. Tentang CBR serta VBR anda dapat baca di wikipedia….

Intinya, VBR kualitasnya tambah baik, tetapi dapat bikin file jadi makin besar. Biasanya kita pakai CBR. Pada bitrate, silahkan atur settingan cocok sesuai dengan selera anda. Aturannya hanya satu, semakin tinggi bitrate maka kualias lagu semakin baik. Semakin tinggi sample rate maka nada dapat semakin tajam, demikian juga sebaliknya. Dibawah ini beberapa settingan default atau standard :

Settingan normal use dengan angka 128 kbps 44100 khz

Settingan cd quality dengan angka 192 kbps 44100 khz

Settingan studio quality dengan angka 320 kbps 44100 khz

Settingan dvd quality dengan angka 224 kbps 48000 khz

Sesudah selesai, klik ok lantas save lagu anda…. Mudah khan? Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih