Cara mengetahui driver komputer

By | October 11, 2016

Cara mengetahui driver komputer – Setelah kita melakukan tahap install ulang pada sebuah komputer, maka kita harus melanjutkan proses instalasi driver komputer sehingga komputer bisa bekerja secara maksimal. Tanpa menginstal driver komputer, maka tentunya kinerja komputer tidak akan sempurna. Namun kadang kala kita mengalami masalah pada proses instalasi driver komputer tersebut

Berbagai masalah pada tahapan instalasi driver komputer biasanya disebabkan karena kita tidak memiliki driver bawaan dari hardware yang digunakan. Kadangkala kita tidak mengetahui seri dari masing-masing hardware yang belum terinstal drivernya pada sistem operasi Windows, sehingga kita sulit mencarinya di internet. Dari latar belakang itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan dengan anda mengenai cara mengetahui driver komputer dengan cepat dan mudah.

Langkah yang tercepat dan termudah untuk mengetahui seri driver dari hardware yang belum terdeteksi adalah dengan melihat langsung secara fisik atau secara hardware. Hal tersebut tentunya dilakukan dengan cara membuka casing komputer, kemudian melihat seri dari hardware yang belum terinstal. Panda dari hardware yang belum terinstal driver nya adalah dengan mengecek melalui device manager. Apabila pada device manager terdapat tanda seru atau tanda tanya berwarna kuning, maka hardware yang bersangkutan belum laper instal drivernya.

Pada tahapan pengecekan seri dan merk hardware secara fisik terdapat tulisan yang cukup kecil. Anda membutuhkan alat semacam kaca pembesar guna mengetahui merk dan spesifikasi dari hardware yang bersangkutan. Namun apabila label yang terpasang pada masing-masing hardware komputer cukup mudah terbaca, maka anda bisa langsung membacanya tanpa membutuhkan alat kaca pembesar tersebut.

Apabila anda tidak mau repot membuka casing komputer atau terlalu sulit dalam melihat spesifikasi dari hardware yang diinginkan, maka anda bisa memanfaatkan bantuan software. Tersebut bisa anda download terlebih dahulu melalui internet. Anda bisa memanfaatkan salah satu software untuk mendeteksi driver dengan nama “driver detective” yang bisa anda download pada link driverdetective.ca

Dengan memanfaatkan software driver detective tersebut tentunya anda akan lebih mudah melakukan pengecekan dari driver komputer yang nantinya bisa anda gunakan. Setelah anda mengetahui driver yang dibutuhkan, langkah selanjutnya yaitu dengan mendownload driver sesuai dengan perangkat keras yang membutuhkannya. Tentunya mendownload driver yang tepat akan sangat menghemat waktu dan kuota internet anda.

Sekian tutorial singkat mengenai cara mengetahui driver komputer dengan cepat dan mudah melalui dua cara yaitu secara hardware dan secara software. Mana yang anda pilih silahkan sesuaikan dengan kebutuhan. Terima kasih ya selamat mencoba dan semoga sukses.