Cara mengetahui VGA komputer

By | August 27, 2016

Cara mengetahui VGA komputer – VGA komputer adalah salah satu bagian terpenting di dalam komputer yang berpengaruh dalam pengolahan grafis komputer itu sendiri. Bagi anda pengguna komputer yang bergerak di bidang desain grafis maupun game tentunya sangat memperhatikan kualitas dan kemampuan dari VGA itu sendiri. Untuk itulah kadang pengguna komputer melakukan proses pengecekan VGA komputer guna mengetahui spesifikasi dari VGA komputer yang digunakan.

Mengapa perlu melakukan teknik bagaimana cara mengetahui VGA komputer? Hal tersebut biasanya dilatarbelakangi karena pengguna komputer tersebut membeli komputer dalam keadaan builup, sehingga spesifikasi dari komputer yang dimiliki tidak diketahui secara keseluruhan. Atau mungkin saja karena dimintai bantuan oleh teman untuk mengetahui VGA komputer yang digunakan.

Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi cara dengan anda bagaimana langkah mengetahui VGA komputer dengan mudah tanpa menggunakan software dari pihak ketiga. Artinya dengan memanfaatkan software yang disediakan oleh Windows kita sudah bisa mengetahui VGA komputer yang terpasang.

Cara untuk mengetahui VGA komputer dengan memanfaatkan sumber Windows juga sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Langkah nya dimulai dari anda membuka jendela run dengan cara klik tombol start. Setelah itu silahkan anda ketik perintah dxdiag pada edit box yang sudah disediakan. Lalu silahkan anda klik tombol atau tekan tombol enter pada keyboard. Seketika juga akan ditampilkan jendela directx diagnostic tool yang berisi berbagai macam spesifikasi dari komputer tersebut. Pada tanggal tersebut anda cukup memilih tab display. Pada bagian tersebutlah informasi mengenai VGA komputer ditampilkan.

Pada tab display ditampilkan informasi mengenai nama kartu VGA, produsen dari kartu VGA, tipe chipset kartu VGA, kecepatan cpu internal kartu VGA serta kapasitas dari ram kartu VGA tersebut. Di samping itu juga ditampilkan informasi mengenai tingginya resolusi komputer yang sedang aktif pada saat itu.

Sekian informasi singkat mengenai cara mengetahui VGA komputer dengan mudah tanpa menggunakan software dari luar yang harus diinstal terlebih dahulu. Mudah-mudahan bermanfaat untuk anda.