Cara Mengganti Windows XP Ke Windows 7

By | September 9, 2017

Perlu diketahui bahwa Windows XP kini sudah tidak mendapat support lagi dari Microsoft. Untuk itu, pihak Microsoft menganjurkan pengguna Windows XP agar segera melakukan upgrade ke sistem operasi yang lebih baru. Salah satu sistem operasi yang bisa anda pilih sebagai tujuan upgrade adalah Windows 7. Hal ini karena Windows 7 masih terus mendapatkan support hingga tahun 2020 nanti. Dengan begitu opsi untuk upgrade dari Windows XP ke Windows 7 merupakan sebuah pilihan yang tepat. Oleh karena itu, kali ini akan kami paparkan cara mengganti Windows XP ke Windows 7 dengan beberapa tahap, antara lain:

Mengganti Windows XP Ke Windows 7

Persiapan

Tahap pertama untuk mengganti Windows XP ke Windows 7 adalah lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Sebelum anda melakukan instalasi, pastikan anda membackup semua data-data penting ke penyimpanan eksternal. Hal ini penting sebagai jaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Lalu, anda juga harus mempersiapkan installasi Windows 7, baik itu berupa file ISO, DVD Windows 7 ataupun Bootable USB Windows 7. Jika sudah terpenuhi, maka anda bisa melanjutkan ketahap installasi.

Installasi

  1. Pertama, mount Installasi Windows 7 dengan menggunakan software seperti Daemon tools. kemudian jalankan “setup.exe” dan pilih “Install Now“.
  2. Pada tahap Get Important Update, jika pada saat installasi komputer anda terkoneksi ke internet, anda bisa memilih “Go online to get the latest update for installation“. Tetapi jika tidak terkoneksi dengan internet, sebaiknya anda memilih opsi “Do not get latest updates for installation“.
  3. Ikuti terus tahap installasi windows 7 seperti biasa. dan pada tahap “Which type of installation do you want?” Pastikan anda memilih “Custom“.
  4. Kemudian pilihan partisi yang berisi sistem Windows XP, dan nantinya jika ada notifikasi Windows.old, klik OK.
  5. Setelah itu, anda bisa lanjutkan proses installasi Windows 7 hingga selesai.

Finishing

Setelah proses upgrade dan instalasi diatas selesai, sebenarnya Windows 7 tersebut sudah siap untuk digunakan. Namun ada satu hal cukup penting yang masih harus anda lakukan, terutama jika ingin mendapatkan tambahan free space storage di Hard Disk Drive anda. Ketika anda sudah selesai menginstall Windows 7, cek dan pastikan bahwa semua bisa berjalan baik tanpa masalah. Jika anda tidak menemukan masalah apapun di Windows 7 tersebut, maka anda dapat menghapus Windows.old yang berisi file sistem Windows XP sebelumnya. Dihapusnya folder Windows.old ini akan menambah free space hingga beberapa GB. Setelah itu, anda hanya perlu melakukan beberapa hal untuk membuat sistem di Windows 7 anda menjadi lebih optimal.

Demikian cara mengganti Windows XP ke Windows 7 agar memperoleh upgrade tampilan dan sistem operasi komputer yang lebih dinamis dan lebih menarik. Semoga beberapa penjelasan sebelumnya dapat memberikan pengetahuan baru terkait cara upgrade Windows XP ke Windows 7 bagi para pengguna komputer. Selamat mengupgrade komputer.