Cara menghilangkan virus komputer

By | September 19, 2016

Cara menghilangkan virus komputer – Virus tentunya menjadi momok yang menakutkan bagi seluruh pengguna komputer. Kadangkala virus akan membuat komputer menjadi sangat pelan, data yang ada di komputer disembunyikan, bahkan kadangkala virus akan merusak komputer secara software. Tentunya dari latar belakang itulah diperlukan beberapa cara guna menghilangkan virus komputer

Untuk menghilangkan virus komputer dibutuhkan software yang namanya software antivirus. Antivirus tersebut haruslah yang dalam kondisi update. Selain itu antivirus yang digunakan untuk menghilangkan virus komputer haruslah sesuai dengan jenis virus yang menyerang komputer. Akan lebih baik ketika kita menggunakan dua antivirus sekaligus, yaitu antivirus luar negeri dan antivirus lokal. Hal tersebut bertujuan untuk lebih memperlebar proses pembacaan jenis-jenis virus yang menyerang komputer tersebut.

Antivirus luar negeri sudah tersedia banyak pilihan. Anda cukup menentukan dan mendownload antivirus luar negeri yang sekiranya cukup terkenal dan ampuh dalam menghilangkan virus komputer tersebut. Beberapa referensi menyebutkan ada antivirus avg, antivirus avira, anti virus norton antivirus eset dan beberapa jenis antivirus lainnya. Anda bisa memilih salah satu diantara beberapa antivirus tersebut akan lebih baik lagi ketika anda bisa membeli anti virus tersebut jenis premium atau yang berbayar. Karena tentunya antivirus premium akan memiliki kelebihan dibandingkan dengan antivirus gratisan.

Namun apabila anda tidak mampu untuk membeli antivirus premium, menggunakan antivirus gratisan juga bukanlah sebuah kekurangan.antivirus gratisan juga memiliki kemampuan yang cukup ampuh dalam menghilangkan virus yang ada di dalam komputer. Yang cukup diperhatikan hanyalah antivirus tersebut harus dalam kondisi update dengan database terbaru.

Selanjutnya untuk antivirus lokal anda diberikan beberapa pilihan, di antaranya adalah antivirus smadav dan antivirus pcmav. Yang sekarang sedang naik daun adalah smadav antivirus. Silahkan anda download antivirus yang diinginkan kemudian langsung install pada komputer yang sudah terjangkiti oleh virus tersebut.

Setelah 2 jenis antivirus tersebut terinstal pada komputer, langkah selanjutnya adalah proses scanning virus guna menghilangkan infeksi virus di dalam komputer tersebut. Anda bisa melakukan proses scanning secara bersamaan 2 antivirus tersebut atau melakukan scanning secara bergantian. Anda bebas memilihnya. Untuk mendapatkan hasil scanning terbaik pada virus komputer, sarankan untuk melakukan scanning virus pada safe mode.

Hal tersebut dikarenakan proses scanning pada Windows normal biasanya sulit untuk melakukan penghapusan virus komputer. Hal tersebut dikarenakan virus komputer masih dalam kondisi aktif. Supaya virus komputer tidak dalam kondisi aktif maka salah satu jalan yang bisa ditempuh adalah pada safe mode Windows. Untuk masuk ke safe mode Windows anda bisa lakukan dengan menekan tombol f8 beberapa saat setelah anda menekan tombol power pada komputer.

Lakukan full scan pada seluruh hardisk yang ada di komputer supaya virus-virus yang ada di komputer tidak tertinggal yang nantinya tidak akan berpotensi untuk aktif kembali. Setelah proses scanning virus selesai, langkah selanjutnya tentunya dengan melakukan clear pada antivirus tersebut. Biasanya akan dimunculkan beberapa pilihan terhadap virus yang terdeteksi, apakah mau dihapus, di karantina, atau dikembalikan.

Sekian tutorial mengenai cara menghilangkan virus komputer mudah-mudahan tutorial sederhana pada kesempatan yang baik ini mampu memberikan manfaat bagi anda sekalian. Terima kasih.