Cara menghilangkan virus pada komputer

By | July 12, 2016

Cara menghilangkan virus pada komputer – Tentunya tidak ada satu orang pun pengguna yang menginginkan virus masuk ke dalam komputer. Namun pada kondisi tertentu pengguna komputer tidak tidak sadar bahwa komputer yang digunakan sudah terjangkiti oleh virus. Apabila virus tersebut dibiarkan di dalam komputer tentunya akan sangat mengganggu komputer, bahkan akan membahayakan komputer beserta data-datanya.

Untuk itulah diperlukan cara menghilangkan virus pada komputer sehingga komputer bisa berfungsi normal kembali dan tentunya data yang ada di dalamnya akan menjadi aman kembali. Tidak dibutuhkan tips dan trik khusus untuk menghilangkan virus di dalam komputer. Hanya dibutuhkan beberapa langkah saja guna mengamankan komputer yang sudah terlanjur terinfeksi oleh virus komputer.

Tahapan yang pertama yang harus dilakukan oleh para pengguna komputer yang kebetulan komputernya sudah terinfeksi oleh virus adalah dengan melakukan instal antivirus. Apabila komputer yang anda gunakan kebetulan sudah terpasang oleh software antivirus, maka tahapan ini bisa dilewati dan anda bisa langsung ke tahap berikutnya.

Tahap berikutnya yang harus anda kerjakan dalam upaya menghilangkan virus pada komputer adalah melakukan update antivirus terlebih dahulu. Pada tahapan ini tentunya anda membutuhkan koneksi internet supaya software antivirus yang terinstal pada komputer bisa melakukan update database dari virus-virus terbaru tersebut.

Lalu bagaimana seandainya komputer yang anda gunakan tidak terkoneksi internet? Anda bisa mendownload update antivirus secara manual pada warnet atau komputer yang terkoneksi internet lainnya, kemudian nantinya anda melakukan update manual pada komputer yang tidak terkoneksi internet tersebut. Atau anda juga bisa mendownload antivirus terbaru dari situs resminya yang nantinya bisa anda instal ulang pada komputer yang terjangkit oleh virus komputer tersebut.

Setelah anda memastikan bahwa antivirus yang anda gunakan dalam kondisi terupdate, maka langkah berikutnya adalah proses scan virus di seluruh bagian komputer. Tentunya proses scan virus pada komputer tersebut lama waktunya tergantung dari besarnya file yang ada di dalam komputer. Semakin banyak jumlah file yang ada di dalam komputer maka akan semakin lama proses scanning virus nya.

Akan lebih baik apabila anda melakukan scan virus pada safe mode jika menggunakan komputer Windows. Anda bisa masuk ke dalam safe mode dengan menekan tombol f8 pada saat anda mulai menghidupkan komputer. Scan virus pada safe mode bertujuan supaya virus-virus yang ada di dalam komputer dalam kondisi tidak aktif, yang artinya anda akan lebih mudah menghilangkan virus tersebut.

Setelah proses scanning virus selesai, nantinya akan dimunculkan berbagai macam informasi mengenai virus yang terdeteksi pada komputer tersebut. Melakukan proses cleaning atau penghapusan virus tersebut.

Sekian tutorial mengenai cara menghilangkan virus pada komputer yang bisa saya posting pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda.