Cara Mengukur Dengan Memakai Osiloskop

By | December 10, 2013

Cara Mengukur Dengan Memakai Osiloskop РDi tulisan sebelumnya kita sudah tahu apakah itu Oskiloskop dan apa manfaat dari Oscilloscope. Di tulisan kali ini kita cobalah belajar Langkah Mengukur Dngn Memakai Osiloskop itu. Saat sebelum osiloskop itu kita gunakan untuk mengukur atau lihat tanda hasil pengukuran di monitor, maka osiloskop butuh disetting terlebih dulu supaya tdk berlangsung kekeliruan fatal dlm pengukuran.

Pengkalibrasian Oskiloskop

Langkah perdana yg mesti kita kerjakan yakni pengkalibrasian. Sesudah anda mengkoneksikan osiloskop ke jaringan listrik PLN & menyalakannya, maka yg mesti anda amati di monitor monitor yg terlihat pada monitor yaitu mesti garis lurus mendatar (bila tdk ada sinyal input).

Setelah itu langkah ke-2 atur fokus, intensitas, kemiringan, x position, & y position. Dngn mengatur posisi itu kita nanti dapat mengamati hasil pengukuran dngn jelas & bakal beroleh hasil pengukuran dngn cermat.

Langkah ketiga pakai tegangan/voltage rekomendasi yg ada pada osiloskop maka kita dapat lakukan pengkalibrasian sederhana. Ada dua tegangan/voltage rekomendasi yg dapat jadikan acuan yakni tegangan/voltage persegi 2 Vpp & 0. 2 Vpp dngn frekuensi 1 KHz.

Kalibrasi Oscilloscope

Langkah ke empat tempelkan probe di terminal tegangan/voltage acuan maka di layar monitor bakal nampak tegangan/voltage persegi.

Jika yg jadikan acuan yaitu tegangan/voltage 2 Vpp maka di posisi 1 volt/div (satu kotak vertikal mewakili tegangan/voltage 1 volt) mesti ada nilai tegangan/voltage dari puncak ke puncak sejumlah dua kotak & untuk time/div 1 ms/div (satu kotak horizontal mewakili saat 1 ms) mesti ada satu gelombang untuk satu kotak.

Jika yg tampak di monitor belum pas maka butuh diatur di potensio tengah pada knob Volt/div & time/div. Atau di potensio dngn label ” var “.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih