Cara Menyambung Atau Memasang Kabel Speaker

By | November 14, 2015

Cara menyambung atau memasang kabel speaker – Menyambung atau memasang kabel speaker bagi orang yang bekerja di dunia elektronika sangatlah mudah dilakukan. Namun bagi yang awam dengan dunia elektronika, menyambung atau memasang kabel speaker bisa menjadi hal yang membingungkan, walaupun sebenarnya secara prinsip dan konsep mereka sudah tahu cara memasangnya.

Menyambung atau memasang kabel speaker biasa dilakukan ketika kita mau merakit dua speaker yang berada di dalam 1 buah box. 1 buah box tersebut nantinya yang akan mewakili satu channel suara baik itu channel left ataupun channel right.

Cara Menyambung Atau Memasang Kabel Speaker

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sinyal suara yang keluar dari power amplifier merupakan sinyal listrik yang memiliki tegangan AC. Artinya, hasil keluaran dari power amplifier bisa kita bolak balik pemasangannya. Hanya saja yang perlu kita perhatikan adalah, sinyal AC juga memiliki satu buah tegangan inti sering disebut dengan tegangan positif dan satu kabel aki yang merupakan kabel negatif atau groundnya.

Untuk itulah apabila kita memparalelkan 2 speaker dalam 1 box maka cara pemasangannya adalah kita bisa langsung menyambungkan kedua speaker tersebut secara langsung. Yang perlu diperhatikan adalah kabel terminal positif pada speaker yang satu harus disambungkan juga ke terminal positif pada speaker yang satunya. Hal tersebut bertujuan untuk mensinkronkan dari suara yang nantinya akan dikuatkan oleh kedua speaker tersebut.

Apabila kita melakukan pemasangan secara dibalik, maka biasanya hasil output suara yang dikeluarkan oleh speaker akan mengalami sedikit perbedaan. Selain itu pergerakan dari membran speaker juga akan berbeda. Biasanya satu speaker membrannya akan bergerak ke depan, yang satunya lagi akan bergerak ke belakang.

Jadi kalau disimpulkan bahwa memparalelkan atau menyambung dua lakukan hanya dengan menyambungkan saja antar kedua speaker tersebut, termasuk kutub positif ke kutub positif dan kutub negatif ke kutub negatif.

Demikianlah tutorial atau cara singkat menyambungkan atau memasang kabel speaker. Mudah mudahan tutorial singkat ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian. Terima kasih.