Cara Menyimpan Halaman Blog atau Website Ke format PDF tanpa Software Tambahan

By | September 2, 2015

Menyimpan halaman website atau blog format PDF sering dibutuhkan bagi yang ingin membaca halaman website atau blog di komputer secara offline. Dengan menyimpan halaman website atau blog dalam format PDF makan pengguna komputer tentunya akan lebih menghemat kuota internet. Akan tetapi yang menjadi permasalahan, kadangkala komputer yang digunakan tidak memiliki software yang bisa digunakan untuk menyimpan halaman website atau blog ke dalam format PDF.

Namun sebenarnya apabila kita teliti lebih lanjut, kita bisa menyimpan halaman website atau blog ke dalam format PDF tanpa kita membutuhkan software ataupun aplikasi tambahan. Caranya cukup mudah. Yang perlu kita gunakan adalah software google chrome. Karena software browser google chrome lah yang mampu menyimpan halaman website ataupun blog dalam format PDF tanpa kita melakukan proses instalasi software tambahan.

Bagaimana cara kita menyimpan halaman website atau blog ke format PDF menggunakan Google Chrome? Berikut ini adalah urutannya:

  1. Langkah pertama silahkan anda buka halaman website atau blog yang ingin anda simpan ke dalam format PDF
  2. Langkah kedua silahkan anda print dengan cara menekan kombinasi tombol Ctrl+P atau anda juga bisa melakukan klik kanan pada halaman tersebut kemudian pilih menu print
    Cara Menyimpan Halaman Blog atau Website Ke format PDF tanpa Software Tambahan
  3. Langkah ketiga silahkan anda atur pada bagian destination dengan memilih menu print to PDF langkah selanjutnya silahkan anda tekan tombol print nantinya akan dilanjutkan proses pemilihan lokasi dimana anda akan menyimpan file PDF untuk halaman website atau blog tersebut
  4. Setelah anda menemukan lokasi penyimpanan file PDF untuk halaman website atau blog tersebut, silahkan anda akhiri dengan menekan tombol save.
    Cara Menyimpan Halaman Blog atau Website Ke format PDF tanpa Software Tambahan

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara menyimpan halaman website atau blog ke format PDF tanpa kita membutuhkan software bantuan pihak ketiga. Semoga bermanfaat.