Cara Menyolder Yang Baik dan Benar

By | December 11, 2013

Cara Menyolder Yang Baik dan Benar – Dlm pekerjaan solder-menyolder komponen elektronika tersebut anda kenali dahulu komposisi timah yg dipakai. Ada beragam type timah yg di jual pada beberapa toko elektronika, umumnya timah untuk kepentingan pematrian komponen elektronika berupa seperti kawat.

Komposisi patri/timah yg bagus, yg dipakai untuk menyolder komponen elektronika yaitu type alloy. Timah type alloy tersebut terbagi dalam perak & timah. Komposisi alloy itu berupa buluh panjang yg diisi komposisi organik berbentuk pasta yg dimaksud rosin.

Alloy yg terdiri atas kombinasi 60 Persen perak & 40% timah bakal meleleh di suhu 190 derajat Celcius, sedang alloy eutetic yg terdiri atas 63% perak & 37% timah memiliki titik leleh seputar 180C. Ke-2 type tersebut pas dipakai untuk mematri komponen elektronika.

Sedang timah patri dngn perbandingan 50/50 memiliki titik leleh 213C & timah patri perbandingan 40/60 bakal meleleh di suhu 235 derajat Celcius, ke-2 type timah patri tersebut tidak sering dipakai untuk komponen elektronik & serta umumnya type tersebut dipakai untuk mematri beberapa barang yg tahan panas umpamanya sambungan kawat ground & sebagainya.

Timah

Jadi kesimpulannya timah yg anda pakai untuk mematri, anda cocokkan dngn barang yg bakal anda solder, bila akan mematri komponen elektronika pakai type timah yg leleh pada suhu 180-190 derajat celcius, anda dapat memakai type timah dngn perbandingan 60/40, timah tersebut banyak di jual dipasaran berupa kawat dngn diameter pada 0, 85 mm – 1 mm.

Pasta patri

Disamping timah, dlm pekerjaan solder-menyolder tersebut kerap pun anda membutuhkan pasta patri. Manfaat pasta tersebut untuk mempermudah timah melekat dngn barang yg dipatri, umpamanya di pematrian kawat atau terminal. Olesan pasta pun berperan untuk menghindar oksidasi di saat barang yg dipatri itu dipanasi.

Langkah lakukan penyolderan yg bagus :

  1. Tancapkan solder di kontak listrik
  2. Tunggulah Solder sampai panasnya mencukupi
  3. Ujung solder dibuat bersih dngn spons basah
  4. Bila solder baru, ujung solder dilapis dahulu dngn timah tipis & rata.
  5. Bersihkan bahan yg bakal disolder (mesti bebas dari lemak, karat atau kotoran yang lain)
  6. Komponen dipasang erat di PCB (lubang tdk longgar), hingga komponen tdk goyang
  7. Tempelkan ujung solder di kaki komponen & PCB yg bakal di patri sampai panasnya cukup
  8. Lalu tempelkan timah di ujung solder hingga meleleh dngn jumlah yg cukup hingga patri/timah tampak mengepyar,
  9. Angkat solder & timah, tunggulah beberapa waktu hingga timah mengeras & komponen tdk goyang. Selesai

Cermati gambar dibawah ini yaitu hasil penyolderan yg benar & salah :

Hasil penyolderan

Langkah penyolderan yg salah & kerap terjadi yaitu timah patri ditempel di ujung solder, lalu dibawa ke tempat yg bakal dipatri. Langkah yg demikian tersebut sekalipun tdk disarankan, lantaran ke-2 media yg bakal dipatri mesti keduanya sama dlm situasi panas, baru patri dilelehkan diatasnya.

Untuk pematrian komponen semiconductor (seperti Transistor, IC), upayakan sistem pemanasan sesingkat mungkin, dngn langkah menunggu terlebih dulu solder meraih panas yg cukup tinggi saat sebelum ditempelkan. Apabila butuh body komponen semi konduktor dibungkus dngn kain basah hingga panas dari kaki komponen tdk menjalar ke body komponen atau jika iC atau transistor memakai Headsink/pendingin gunakan terlebih dulu pendingin itu ke bodi komponen, kemudian kerjakan penyolderan. Hal tersebut dikerjakan lantaran komponen itu gampang rusak bila panas terlalu berlebih.

Sesudah penyolderan pemasangan komponen tuntas seluruhnya, muka PCB sisa patrian dibikin bersih dngn thinner untuk menyingkirkan sisa-sisa pasta yg masih melekat pada PCB.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih