Cara merawat komputer secara software dan hardware

By | June 12, 2016

Cara merawat komputer secara software dan hardware – Merawat komputer bisa dilakukan dalam dua cara yaitu merawat komputer secara hardware dan merawat komputer secara software. Proses merawat komputer secara software ditujukan untuk menjaga kinerja dan kecepatan dari komputer. Sementara merawat komputer secara hardware bertujuan untuk menjaga perangkat keras supaya tetap dalam kondisi yang baik.

Merawat komputer haruslah dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Merawat komputer tersebut bisa dilakukan satu minggu sekali, dua bulan sekali ya, atau satu semester sekali. Intinya perawatan komputer secara software maupun hardware harus dilakukan secara rutin. Biasanya untuk merawat komputer diperlukan adanya kartu perawatan sehingga jadwal dari proses merawat komputer bisa dilakukan sesuai dengan yang sudah ditentukan.

Lalu, bagaimana cara merawat komputer secara software dan hardware? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai cara merawat komputer secara software dan hardware sehingga anda bisa melakukan proses perawatan komputer sendiri yang tentunya akan lebih memberikan penghematan kepada anda mengenai biaya perawatan dari komputer itu sendiri.

Cara merawat komputer secara software:

  1. Tahap pertama yang bisa anda lakukan untuk merawat komputer secara software adalah dengan melakukan disk clean up. Proses ini tentunya bertujuan untuk menghapus dan membuang seluruh file sampah dan file temporary yang ada di komputer. Tentunya dengan menghapus file sampah dan file temporary akan membuat hardisk semakin longgar dan akan berefek pada komputer yang berjalan semakin cepat.
  2. Menonaktifkan system restore pada komputer Windows juga tentunya akan memberikan efek performa komputer semakin meningkat.
  3. Untuk meningkatkan dan supaya komputer lebih responsif maka anda bisa mematikan visual efek yang ada pada komputer. Efek fade atau transparansi dari jendela tentunya akan memakan sumber daya komputer. Untuk itulah dengan mematikan berbagai macam efek akan membuat performa komputer semakin bagus.
  4. Gunakan juga fitur disk defragment untuk menata ulang lokasi dari file-file yang ada di harddisk. Semakin rapi penataan file, maka akan semakin cepat pula komputer dalam mengakses file yang ada di harddisk.
  5. Kurangi jumlah ikon yang ada di desktop guna menyegarkan tampilan sekaligus menambah performa komputer itu sendiri. Akan lebih cepat lagi performa komputer apabila anda mengosongkan desktop termasuk adalah wallpapernya.
  6. Aktifkan mode sleep dalam rentang waktu kurang dari 1 jam sehingga apabila komputer tidak digunakan dalam waktu yang sudah ditentukan tersebut secara otomatis akan sleep. Tentunya hal tersebut akan berdampak pada penghematan penggunaan biaya listrik.

Itulah beberapa cara dalam merawat komputer secara software. Berikutnya adalah pembahasan mengenai cara merawat komputer secara hardware supaya kita bisa tetap menjaga perangkat keras komputer kita dalam kondisi yang baik serta memiliki fungsi yang semestinya.

Cara merawat komputer secara hardware:

  1. Langkah pertama tentunya dengan menjaga kebersihan baik di sekitar komputer maupun di dalam casing komputer. Bersihkan berbagai macam debu yang menempel pada sirkulasi dari komputer itu sendiri.
  2. Di dalam casing usahakan untuk tetap terjaga kebersihannya.
  3. Merapikan berbagai macam kabel yang ada di dalam casing guna menjaga keamanan serta sirkulasi udara tetap lancar mengalir.
  4. Pastikan bahwa seluruh konektor kabel yang ada di dalam casing komputer terpasang dengan baik dan kuat.
  5. Lakukan pengecekan secara berkala terhadap pemasangan headsink fan dengan prosesor. Pastikan bahwa pasta processor yang digunakan untuk mempermudah proses transfer panas dalam kondisi yang baik.
  6. Gunakan stabilizer dan ups untuk memastikan bahwa pasokan sumber daya listrik ke komputer dalam kondisi yang baik.
  7. Apabila diperlukan anda juga bisa menambah kipas tambahan yang ada di dalam casing komputer guna memperlancar sirkulasi udara. Untuk mendapatkan hasil yang bagus tentunya anda bisa menggunakan kipas dengan ukuran yang besar. Misalnya yang memiliki ukuran 12 inc. Ukuran kipas yang besar tentunya akan bisa menghembuskan angin yang besar pula namun akan menghasilkan suara yang lebih pelan sehingga tidak mengganggu anda dalam bekerja.

Demikianlah tutorial cara merawat komputer secara software dan hardware yang bisa saya bahas pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan selamat mencoba.