Cara Merawat Rem Cakram Mobil

By | December 21, 2013

Cara Merawat Rem Cakram Mobil – Rem yaitu satu diantara sisi yang paling vital dalam kendaraan. Kehadiran rem benar-benar penting untuk berikan rasa aman waktu berkendara, namun demikian kegunaan peralatan yang satu ini benar-benar bergantung dengan bagaimana caranya kita merawatnya. Bila perawatan diabaikan, hampir pasti fungsinya juga tak maksimal. Serta ujung-ujungnya bisa membahayakan keselamatan kita. Untuk melindungi agar rem terus pakem terdapat banyak panduan yang perlu dikerjakan, yakni :

Minyak Rem

Yang perlu di perhatikan yaitu sisi disc break serta tromol, serta memeriksa mutu minyak rem, saluran rem, serta kampas rem itu sendiri. Untuk minyak rem, umumnya mesti ditukar atau dibikin bersih sesudah kendaraan menempuh jarak sejauh lebih kurang 10. 000 km. Cermati sisi tangki cadangan minyak rem ini dengan seksama serta janganlah dibiarkan kosong.

Kampas Rem

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa kampas rem apakah tetap dalam keadaan baik atau tdk. Caranya, bebaskan roda dengan kunci, cermati sisi disc break serta terlepas pegangan kampas rem dengan alat martil atau obeng. Apabila kampas rem kotor bersihkan dengan amplas/sikat/kuas untuk membersihkannya. Makin bersih kampas rem, makin baik fungsinya. Berikanlah gemuk/pelumas di bagian besi penahannya, tetapi jauhi agar tak terkena sisi sepatu rem. Gunakan kembali kampas, serta kancingkan.

Pergantian Berkala

Hal paling akhir yang perlu di perhatikan agar rem selalu berperan dengan baik yaitu perawatan yang teratur. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, upayakan agar minyak diganti tiap-tiap mencapai jarak tempuh 10. 000 km, sedang untuk kampas umumnya pada 20. 000 – 25. 000 km ( automatis) serta 40. 000 km (manual). Janganlah lupa untuk mengecek keadaan minyak rem tiap-tiap dua minggu sekali.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih