Cara Mewmbuat Skema rangkaian Inverter DC 12V Ke AC 220V 100 Watt Transistor

By | December 16, 2013

Cara Mewmbuat Skema rangkaian Inverter DC 12V Ke AC 220V 100 Watt Transistor – Skema rangkaian inverter di gambar di bawah berperan untuk merubah tegangan/voltage DC 12 volt jadi tegangan/voltage AC 220 volt dngn bentuk gelombang persegi (kotak) & daya output 100 watt. Skema rangkaian inverter DC ke AC tersebut di bangun memakai transistor yg disupply oleh tegangan/voltage + 12 volt DC dari accumulator. Skema rangkaian inverter DC ke AC tersebut dapat mensupply daya listrik sebesar 100 watt dengan output square wave. Power inverter yg dipakai di skema rangkaian tersebut yaitu transistor dengan tipe 2N3055 maupun TIP3055. Gambar skema rangkaian & daftar komponen untuk membuat skema rangkaian inverter DC 12V ke AC 220V bisa di lihat di gambar dibawah ini.

Skema rangkaian Inverter DC 12V Ke AC 220V 100 Watt Transistor

Skema rangkaian inverter DC ke AC di gambar di atas di bangun dngn 8 buah transistor dengan tipe yg bisa di jabarkan sebagai berikut.

  1. Sisi pembangkit pulsa, sisi pembangkit pulsa berperan untuk menghidupkan pulsa gelombang persegi dngn frekuensi 50-60 Hz. Sisi tersebut di bangun dngn skema rangkaian free running multifibrator transistor Q1 & Q2 jenis BC557 & beberapa komponen RC sbg penentu frekuensi kerja.
  2. Sisi pemisah pulsa driver, sisi tersebut berperan untuk mengontrol pulsa sisi negatif & sisi positif untuk berikan tanda driver yg senantiasa bergantian dngn frekuensi kerja 50-60 Hz sesuai sinyal dari pembangkit pulsa. Sisi tersebut berperan untuk merubah pulsa sisi negatif & sisi positif jadi sinyal driver yg bisa dipakai untuk berikan bias maju ke transistor driver yg berjenis NPN supaya bisa bekerja sama-sama bertukaran pad 1/2 siklus frekuensi 50-60 Hz itu. Sisi tersebut di bangun oleh skema rangkaian transistor Q3 & Q4 jenis BC557.
  3. Sisi driver inverter, sisi ini berperan untuk menguatkan tanda driver untuk menggerakan transistor dengan tipe power inverter. Sisi tersebut disusun oleh 2 buah transistor dengan tipe NPN tipe BD139.
  4. Sisi power inverter, sisi tersebut berfunsi sbg system saklar untuk berikan tegangan/voltage induksi ktransformer step-up di inverter. Komponen yg dipakai yaitu transistor dengan tipe jenis 2N3055 maupun TIP3055.
  5. Sisi step-up, bagain tersebut berperan untuk menaikan tegangan/voltage DC 12 volt mejadi tegangan/voltage AC 220 volt. Komponen yg berperan sbg step-up yaitu transorfmer CT 12 volt dngn primer 220 volt. Untuk bikin skema rangkaian inverter DC 12V ke AC 220V 100 watt di atas bisa memakai PCB seperti di gambar dibawah ini.

PCB Skema rangkaian Inverter DC 12V Ke AC 220V 100 Watt Transistor

Inverter DC ke AC di gambar di atas yaitu inverter dngn wujud output gelombang persegi (square wave inverter) hingga bakal berikan efisiensi paling baik jika dipakai untuk menyalakan lampu penerangan, & bakal terbebani jika dipakai untuk berikan supply ke beban induksi (motor listrik).

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih