Cara Mudah Clear CMOS atau Reset BIOS

By | April 16, 2013

Cara Mudah Clear CMOS atau Reset BIOS  – Clear CMOS atau Reset BIOS adalah teknik guna mengubah setingan BIOS agar bisa kembali lagi sebagaimana awal mula dibuat (defaultnya/setingan yang berasal dari pabrikannya). Guna menjalankan hal tersebut Kita tdk perlu mencabut batery yg berada di Mainboard namun cuma perlu menindahkan lokasi / posisi jumper CMOS, jumper tersebut pada umumnya terpasang pada sekeliling baterai.

Jumper itu terpasang pada 3 pin. Buat setingan awal jumper ada pada pin 1,2 sedangkan pin 3 tdk diisi atau dikosongkan. Apabila Anda hendak menjalankan clear CMOS maka Anda cukup kerjakan dengan melakukan cabut jumper itu lalu taruhkan jumper itu pada pin 2,3 pin 1 tdk diisi. Selanjutnya diamkan pc sekitar 5 menit (guna lebih memastikan CMOS clear). Selanjutnya cabut lagi jumpernya lalu taruhkan keposisi semula pada pin 1,2 dan pin 3 tdk diisi.

Kemudian, Jangan lupa seting ulang BIOS, jam, tanggal system, serta setingan yg yang lain kemungkinan akan mengalami perubahan. Ingat jika hendak clear CMOS/BIOS pc wajib dalam keadaan off atau mati lalu usahakan tdk ada listrik yg menancap ke PC.

Mudah-mudahan berguna. Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih