Cara mudah memperbaiki komputer mati dan tidak mau menyala

By | August 19, 2013

Cara mudah memperbaiki komputer mati dan tidak mau menyala – Hanya berbagi pengalaman service melakukan perbaikan komputer. Dari persoalan rusaknya komputer banyak pemicunya, dari yang sebatas kabel power putus/rusak hingga hardisk punya masalah. Pada postingan kali ini corelita.com hendak sharing cara praktis termudah tercepat mendeteksi rusaknya komputer, corelita.com menyebutnya cara mudah. kenapa cara mudah? Ya.. dengan sedikit modal kenekatan siapa saja dapat lakukan cara ini. Walau demikian cara ini tidaklah bisa menjawab keseluruhan masalah komputer, tetapi sekurang-kurangnya inilah dari pengalaman bergelut bongkar dan rakit komputer, cara praktis tercepat termudah menangani rusaknya komputer dengan gejala tidak menyala.

OK segera diawali. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

Langkah yang pertama :

Silahkan lepas semua bagian perangkat komputer ( dimulai dari RAM, kabel penghubung Hardisk, kabel penghubung CD-ROM, papan ketik (Keyboard), Mouse (Tetikus), dan lain-lain ). Yang terpasang cuma motherboard serta prosessor saja.

Tancapkan kabel power serta monitor – kemudian nyalakan komputer – Lalu yakinkan kabel power serta monitor tidak punya masalah -Lalu yakinkan pula kipas prosesor berputar.

Cermati adakah bunyi beep panjang yg mengisyaratkan RAM tidak tertancap ? Bila ya, matikan komputer – Lanjutkan dengan menancapkan RAM -Lalu nyalakan komputer lagi – Bila komputer menyala serta tak ada bunyi beeb, ini mengindikasikan RAM didalam kondisi baik – Silahkan meneruskan ke langkah ketiga.

Bila terdengar Beeb panjang 1 kali serta diikuti Beep pendek 2 kali, kemungkinan masalah ada pada VGA.

Langkah yang kedua :

Bila pada langkah pertama, saat komputer dihidupkan tidak terdengar bunyi beeb sekalipun, kemungkinan besar rusaknya ada pada motherboard atau prosessor ( untuk prosessor tingkat kemungkinan rusak kecil ). Tetapi janganlah segera memvonis motherboard yang rusak. Cobalah untuk mencabut kembali RAM serta baterai Cmos/clear Cmos didalam situasi kabel power dilepaskan – Kerjakan dalam waktu sekitar  5 menit – Ulangilah ke langkah pertama, bila menyala lanjutkan ke langkah ketiga.

Langkah yang  ketiga :

Silahkan pasang komponen yang lain satu persatu -lalu nyalakan komputer – Lacak apakah komponen yang dipasang bekerja dengan baik ? – Bila OK, lanjutkan menempatkan komponen bagian komputer yang lain.

Kerjakan dengan cara menancapkan komponen komputer satu per satu dimulai dari : Keyboard, Mouse, Hardisk, CD-ROM.

Mudah kan ? cukup 3 langkah saja, permasalahan komputer anda bisa ditangan oleh anda sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Cara ini dapat dikerjakan bila motherboard memiliki speaker detection error.
  2. Bunyi Beep tiap-tiap Motherboard tidak sama bergantung jenis BIOS.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih