Cara Mudah Menambal Ban Bocor maupun Sobek

By | March 28, 2013

Cara Mudah Menambal Ban Bocor maupun Sobek –¬†Anda pernah menderita bocor ban dan kebetulan posisi lokasinya ada dibagian bagian dinding. Cara yang amat gampang sih, bawa saja ke tukang tambal ban. Paling bahaya apabila bannya yang bocor menggunakan pola dan tubeless, bocor pada dinding yang telah ditutup tersebut lama- kelamaan dapat menjadi retak. “Bahkan menjadi penyebab ban meletus,” kata dari Eddy Suhaedy, Training Manager PT Rema Tip Top Indonesia yang berlokasi di Samanhudi, Jakarta Pusat.

Teknologi modern menambal bagian dinding tersebut dengan cara melapisi bagian dalam dengan menggunakan bahan. Di toko-toko, hadir beberapa jenis lembaran dengan motif lingkaran maupun empat persegi panjang yang beberapa diproduksi oleh Maruni maupun Rema Tip Top.

Langkahnya, buat yang bentuknya empat persegi, sebelum ditambal, bagian dalam digerinda dan dihaluskan supaya permukaan / bagian atasnya bisa terkelupas. Dengan teknik tersebut, bahan karet penambal bisa menempel sesudah dipres menggunakan batang besi.

Untuk buatan Maruni, motifnya semacam tool buat sekir klep motor berdiameter 4 centimeter serta terdapat karet yang panjang. Bagian yang hendak ditambal, permukaannya digerinda agar kasar dan bisa diberi lem. Ujung yang runcing dimasukkan hingga tembus ke luar hingga bagian karet yang lebar menempel. Selanjutnya, bagian yang runcing tadi dipotong.

Terus, bagaimana seandainya robek pada dinding panjangnya sekitar 3 centimeter serta lebarnya hingga 2 centimeter? “Lebih dari ukuran tersebut, ban dapat benjol lantaran kawatnya telah rusak,” kata Eddy. Biaya perbaikannya diawali dari Rp 115.000 hingga Rp 200.000 ke atas, tergantung ukuran ban yang bocor tersebut.

Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa dicoba untuk melakukan tambal ban sebelum dibawa ke tukang tambal ban langganan anda :

Pertama, Gerinda sekeliling lubang hingga permukaan ban kasar.

Kedua, Beri lem bagian yang sudah digerinda tadi kemudian lanjutkan dengan menutup menggunakan lapisan penambal.

Ketiga, Lalu, dipanaskan di dalam mesin thermopress menggunakan temperatur 160 derajat sekitar 120 menit.

Keempat, Sesudah dipanaskan, selanjutnya diberi lem lagi lalu dilanjutkan dengan pemberian lapisan pembungkus radial. Di dalam lapisan yang terakhir tersebut terdapat benang buat mengganti yang putus.

Selesai sudah proses tambal bannya. Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih