Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek Menggunakan Pot

By | April 13, 2013

Cara Mudah Menanam Bunga Anggrek Menggunakan Pot – Bunga Anggrek termasuk tumbuhan dimana memerlukan perawatan yg cukup pelik akan tetapi tdk susah buat dikerjakan. Secara umum teknik menanam bunga anggrek terdiri atas 2 tahap utama, yakni metode penanaman lalu pemupukan. Berikut merupakan kedua tahap itu:

1. Penanaman

Tanaman anggrek pada umumnya ditanam pada pot yg termasuk media pertumbuhan. Pada media pertumbuhan tersebut terdapat beragam bahan yg berupa materi spesial dimana sudah didesain buat tanaman anggrek. Di antaranya, yakni: arang maupun kayu bakar, kulit kelapa, pecahan batu bata maupun genting, serta sabut kelapa.

2. Pemeliharaan

Pada tahap pemeliharaan dari teknik menanam bunga anggrek terdiri dari pemupukan, penyiraman, dan pengendalian hama serta penyakit.

a. Pemupukan

Metode pemupukan tanaman anggrek bisa dikerjakan dgn memanfaatkan pupuk kimia maupun pupuk kandang. Pemupukan dgn pupuk kimia dikerjakan dgn perbandingan teknik seedlings maupun mid-size dgn perbandingan berlainan. Buat seedlings perbandingannya perbandingan K, P, K, yaitu 60:30:10. Disini unsur nitrogen lebih tinggi dikasih supaya membentuk senyawa proteins bertambah besar yang bermanfaat untuk pertumbuhan serta perkembangan bunga anggrek. Sedangkan secara mid-size perbandingan K, P, K, yaitu 30:30:30. Buat pemupukan memakai pupuk kandang bisa dikerjakan dgn pemberian kotoran kambing, kuda, kerbau, serta sapi. Selain berisi bermacam rupa unsur yg diperlukan tanaman, pupuk kandang pun memudahkan sekali guna penyimpanan air, terutama pada musim kemarau.

Secara signifikan pemberian pupuk kimia sebenarnya sedikit bisa mempercepat pertumbuhan tanaman bunga anggrek. Kondisi tersebut disebabkan pada pupuk kimia sudah disubtitusi beragam unsur yg diperlukan. Unsur-unsur yg diperlukan buat pertumbuhan tanaman anggrek itu meliputi:

  • Nitrogen :Nitrogen benar-benar diperlukan buat keperluan sintesis proteins, asam nukleat, asam amino, koenzim serta sebagai konsistuen penyusun zat hijau daun (klorofil).
  • Fosfor : Fosfor bermanfaat buat pertumbuhan akar serta pendewasaan tanaman.
  • Potasium serta Kalium : Pada jaringan tanaman, potasium serta kalium berguna mempelancar reaksi fotosintesis, respirasi, serta translokasi karbohidrat.
  • Kalsium : Kalsium diperlukan menjadi bahan pengisi buat dinding sel tanaman. Selain itu, kalsium pun dimanfaatkan buat memperbanyak hormon tanaman khusus dimana berperan guna detosifikasi beragam racun yg masuk.
  • Magnesium : Magnesium dibutuhkan tanaman buat memudahkan usaha enzim maupun menjadi aktivator enzim, juga ikut serta pada proses metabolisme sintesis proteins.
  • Sulfur : Sulfur termasuk bagian dalam komponen penyusun asam amino, vitamins, serta berperan seperti koenzim.

b. Penyiraman

Penyiraman termasuk salah 1 aspek bermanfaat di dalam bagian teknik menanam bunga anggrek. Ketersediaan air yang cukup bakal mendukung pertumbuhan tanaman dgn bagus. Kondisi tersebut disebabkan air berfungsi, yaitu seperti sumber unsur Hdan 0, bahan pengisi seI, pengatur tekanan sel, pengangkut beragam senyawa ke dalam tanaman, pengatur temperatur tanaman, serta menjadi pelarut buat senyawa-senyawa.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih