Cara Mudah Menjaga Sepeda Motor Waktu Musim Hujan Supaya Tetap Awet

By | January 14, 2014

Cara Mudah Menjaga Sepeda Motor Waktu Musim Hujan Supaya Tetap Awet – Musim hujan adalah satu diantara hambatan yg benar-benar kerap dihadapi untuk yg berkerja sehari-hari dngn memakai sepeda motor, tdk cuma persoalan ketidak nyamanan waktu berkendara tetapi pula keadaan motor kerap alami hambatan disebabkan biasanya terkena air hujan.

Di waktu keadaan musim hujan seperti saat ini  anda mesti lakukan kerja ekstra untuk menjaga sepeda motor kita supaya senantiasa dlm situasi yg sempurna, oleh karenanya dlm postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info pada rekan-rekan tentang Tips Sederhana Menjaga Sepeda Motor Waktu Musim Hujan Supaya Terus Awet, dibawah ini informasi lengkapnya buat kamu :

1. Membersihkan Motor

Sesudah motor dipakai berkendara di tengah guyuran hujan, baiknya Kita mencucinya. Walau tidak mempunyai banyak waktu, baiknya Kita luangkan untuk mencucinya Walau cuma mengguyur semua bodi & bagian-bagian penting yang lain. Disamping motor terus tampak baru & mengkilap hal tersebut pun bisa hindari motor kita terkena karat.

2. Rantai Motor

Sisi lain dari motor yg riskan punya masalah sesudah dikendarai di tengah guyuran hujan yaitu rantai. Terutama motor yg tdk memakai tutup rantai. Air hujan yg berbentuk asam menyebabkan terjadinya karat di peranti itu. Di sisi lain, sesudah melibas lubang yg tertutup genangan air hujan, rantai pun kendur. Oleh karenanya, kencangkan setelan rantai pas dngn standard. Dianjurkan pula untuk melumasi rantai motor kita dngn pelumas rantai pastinya.

3. Kanvas rem & piston cakram rem

Kanvas rem terbuat dari komposisi asbes. Komposisi itu apabila banyak terkena air bakal menggelembung & mengeras di waktu kering. Mengakibatkan, rem jadi keras di waktu pedal rem diinjak atau bahkan nampak suara mendecit maupun suara keras yang lain. “Oleh karenanya, sesudah motor dicuci & dibikin bersih, jalankan motor & sering-sering menginjak pedal rem supaya kanvas betul-betul kering, ” kata Alex. Demikian juga dngn rem cakram pada roda depan. Rem cakram punya sifat terbuka. Walau sebenarnya waktu dipacu kencang di tengah guyuran hujan, kotoran melekat di kanvas rem ataupun piston.

4. Ban

Setelah usai menerobos genangan air hujan, baiknya Kita memeriksa tekanan air ban. Yakinkan besaran tekanan itu pas dngn standard pabrikan. Ban yg tekanan anginnya kurang dari standard, benar-benar rawan cepat aus. Pasalnya, dngn tekanan kurang, maka permukaan telapak ban yg bersentuhan langsung dngn permukaan jalan makin banyak.

Disamping melindungi tekanan angin, baiknya pula membersihkan ban. Sikat sisi telapak & dinding samping ban. Hal tersebut disamping untuk menyingkirkan unsur asam yg ada pada air hujan, juga unsur lain seperti lumpur maupun kotoran yg melekat pada ban. Sebagian kotoran seperti sisa deterjen, oli, minyak tanah, bensin, yg pada mulanya tumpah di jalan dapat terbawa maupun ada di genangan air hujan. Unsur-unsur yg ada pada zat itu menyebabkan karet ban cepat getas.

5. Knalpot

Pada umumnya, sisi dlm knalpot & leher knalpot bakal keropos apabila banyak kotoran melekat pada sisi itu. Terutama apabila kotoran itu bercampur dngn air hujan. Oleh karenanya, apabila motor sudah melibas genangan air hujan maupun banjir & air hujan masuk knalpot, baiknya air dikeluarkan. Sesudah motor dicuci bersih, panasi mesin. Kemudian, semprotkan oli ke dlm sisi knalpot & olesi sisi leher knalpot dngn grease. Lalu panasi lagi mesin motor lebih kurang 5 menit.

6. Busi

Sesudah motor usai dipakai, baiknya Kita mencabut cop maupun karet penutup busi lalu tiup & lap dngn air bersih. Begitupun dngn kabel busi dan businya.

7. Kotak saringan udara

Angin adalah unsur penting untuk pembakaran bahan bakar pada area bakar mesin. Apabila peranti tersebut basah lantaran air hujan masuk maupun merembes ke dalamnya, maka angin bakal bercampur embun.

8. Rem Depan/Belakang

Kerapkali rem bakal bunyi jika basah terkena air, amplas kanvas rem & tromol supaya rem lebih pakem & hindari bunyi.

9. Kabel Body

Jauhi kabel body & socketnya dari air lantaran dapat menyebabkan konslet hingga dapat mengakibatkan kerusakan komponen kelistrikan. Mudah – mudahan hal di atas dapat di perhatikan, hingga usia sepeda motor kita dapat lebih lama.

10. Jari-jari roda

Pakai lap bersih untuk mengkeringkan jari-jari roda yg kebasahan. Apabila tdk, jari-jari di velg motor bakal keropos. Keropos di velg memanglah tdk terlihat di luar, namun berlangsung di dlm velg.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih