Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus

By | October 18, 2015

Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus – Karena ukurannya yang lumayan kecil, kabel headset biasanya cukup mudah untuk putus. Apalagi bagi pengguna headset yang tidak hati-hati dalam menggunakannya. Karena isi dari kabel headset itu sendiri rumah yang kecil, maka kadang karena pekukan saja menyebabkan kabel headset bagian dalam terputus. Apalagi yang sering melepas jack headset langsung dengan menarik kabel nya, bisa dipastikan kabel headset tersebut akan lebih cepat putus.

Apabila secara kebetulan headset yang anda miliki sudah mengalami kerusakan di mana kabelnya mengalami putus, maka sebaiknya anda jangan membuangnya terlebih dahulu. Karena sangat disayangkan ketika headsets tersebut dibuang, padahal secara harga, headset merupakan aksesoris yang cukup tinggi. Anda bisa melakukan percobaan untuk memperbaiki headset tersebut dengan cara menyambung kabel nya.

Menyambung kabel headset yang putus juga sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan murah. Dan tentunya dengan melakukan penyambungan kabel headset yang putus sendiri, akan bisa menambah wawasan dan pengalaman serta keterampilan di dalam dunia elektronika.

Adalah urutan cara mudah dalam menyambung kabel headset yang putus:

  1. Langkah pertama silahkan anda cari kabel dan juga jeknya sebagai pengganti dari konektor ke colokan smartphone. Anda bisa membelinya ataupun mencari yang sah dalam kondisi bekas. (harganya tidak sampai 10 ribu rupiah)
    Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus
  2. Langkah berikutnya silahkan anda potong kabel tersebut sehingga bagian dalamnya akan terlihat
    Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus
  3. Langkah selanjutnya silahkan anda lakukan pemotongan juga pada kabel headset. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati karena kabel headset biasanya berukuran cukup kecil dan mudah sekali putus.
    Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus
  4. Langkah berikutnya silahkan anda melakukan penyambungan kabel headset dengan kabel yang sudah disediakan pada langkah pertama. Perhatikan warnanya supaya proses penyambungan tidak keliru.
    Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus
  5. Untuk proses penyambungan bisa dilakukan hanya dengan melilitkannya saja. Atau jika anda menginginkan supaya sambungan lebih kuat bisa menggunakan solder.
  6. Setelah proses penyambungan selesai dan anda yakin bahwa sambungan tersebut sudah berfungsi,maka bisa dilanjutkan dengan proses menutup sambungan tersebut dengan isolasi. Sebelum sambungan diisolasi pastikan bahwa kedua headset tersebut mengeluarkan bunyi sesuai dengan fungsinya.
    Cara Mudah Menyambung Kabel Headset Yang Putus

Demikianlah cara mudah menyambung kabel headset yang putus tanpa harus membeli headset baru. Dengan melakukan hal diatas, maka kita akan sangat berhemat, bahkan mungkin saja pengeluaran yang kita lakukan untuk memperbaiki kabel headset yang rusak tersebut tidak sampai Rp.10.000. Terima kasih dan selamat mencoba.