Cara Mudah Merawat Filter Atau Saringan Udara Sepeda Motor Dengan Benar

By | February 28, 2014

Cara Mudah Merawat Filter Atau Saringan Udara Sepeda Motor Dengan Benar – Disamping ganti oli dengan cara teratur, filter maupun saringan angin/udara di sepeda motor yang paling disayangi anda pun harus untuk dibikin bersih secara teratur mengingat saringan angin adalah komponen yg bertindak penting dlm sistem pembakaran di dlm area bakar. Jika filter angin tdk lakukan tugasnya dngn bagus maka hal tersebut bakal mengakibatkan terganggunya sistem pembakaran.

Yg lebih fatal lagi yaitu apabila kotoran maupun debu masuk hingga menggores dinding silinder & piston, performa sepeda motor juga bakal alami penurunan drastis. Tetapi untuk lakukan perawatan di saringan angin tersebut memerlukan tips sendiri mengingat filter maupun saringan angin memiliki sebagian type & perawatannya tidak sama juga. Oleh karenanya dlm postingan saat ini corelita.com bakal coba sharing info pada rekan-rekan tentang Tips Sederhana Untuk Merawat Filter Maupun Saringan Angin Sepeda Motor Yg Benar, dibawah ini info lengkapnya buat kamu :

1. Jenis konvensional, memiliki bahan busa

Umumnya ada di sepeda motor dngn th. pembuatan lama, saat sebelum 2005. Membersihkannya cukup dngn menyiram maupun merendamnya dngn kombinasi air & sabun. Kemudian dikeringkan & disemprot angin bertekanan tinggi. Untuk lebih optimal lagi, lapisi dngn oli & diratakan untuk menangkap kotoran. Bila busanya telah mengeras, maupun pori-porinya mulai terlihat tdk rapat, tandanya butuh diganti.

2. Filter Kertas (kering)

Banyak yg katakan sbg fiter ” dry element “, memiliki komposisi lebih tebal hingga tdk cepat rusak waktu menyaring angin. Untuk membersihkannya pun gampang, tinggal semprot dngn angin bertekanan tinggi yang berasal dari arah berlawanan dngn arah angin masuk. ” Baiknya filter type tersebut diganti tiap-tiap kelipatan 8. 000 km, “.

3. Filter Kertas (basah)

Umumnya ada di sepeda motor matik, maupun sepeda motor th. pembuatan baru. Komposisi kertasnya dengan cara kasat mata sama dngn filter kertas kering, namun bila diraba, terasa ada susunan pelumas khusus untuk menangkap kotoran. Jenis tersebut tdk bisa dicuci. Membersihkannya cukup dipukul-pukul ringan. Namun lebih dianjurkan ganti tiap-tiap 15. 000 km.

Semua jenis sebetulnya dapat diolesi dngn oli, asal tahu langkah yg benar. Ada minyak khusus untuk penyaring angin tersebut. Namun bila darurat juga, dapat diolesi dngn oli encer (baru), & tdk butuh sampai basah kuyup.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih