Cara Optimasi E-mail Berformat HTML di Ms. Outlook

By | September 12, 2012

Cara Optimasi E-mail Berformat HTML di Ms. Outlookcorelita.com – Dalam pengiriman e-mail dikenal dua jenis format text dan HTML. Plain text adalah format e-mail di mana pengirim e-mail menuliskan pesannya secara “datar” tanpa dibumbui dengan pemformatan seperti bold, Italic, hyperlink, atau pemasangan background e-mail. E-mail dalam format ini memiliki kelebihan karena ukurannya yang relatif kecil sehingga dapat ditransmisikan dengan cepat di dunia maya tanpa membutuhkan bandwidth yang besar.

Format lainnya adalah HTML. E-mail yang menggunakan format ini biasanya kaya akan fitur. Ini dlsebabkan karena dalam format HTML Anda dimungkinkan untuk memasukkan tag-tag HTML seperti yang digunakan dalam halaman web. Alhasil, tampilan emailpun akan lebih cantik dibanding plain text, meski harus dikompensasi dengan ukuran file yang membengkak cukup besar.

Agar ukuran e-mail tak terlalu membengkak, Outlook 2007 telah menambahkan fitur untuk mengurangi ukuran e-mail secara otomatis. Tekniknya yaitu dengen menghapus beberapa tag informasi yang tak berpengaruh dalam pengaturan tampilan e-mail. Dengan teknik ini, Anda dapat menginm e-mail berformat HTML dengan ukuran yang relatif kecil dan hemat bandwidth.

Untuk mengoptimasi e-mail berformat HTML. ikuti langkah berikut:

  1.  Jalankan Microsoft Outlook melalui menu Start > All Programs
  2. Microsoft Office > Microsoft Office Outlook 2007.
  3. Klik Tools > Options… di jendela utama Outlook 2007.
  4.  Sesaat kemudian, kotak dialog Options akan terbuka. Klik tab Mail Format yang berada di kotak dialog ini.
  5. Pada bagian HTML Format, beri tanda cek di depan opsi Reduce the file size of message by removing formating Information that Is not necessary to display the e-mail message.
  6. Tekan OK untuk menyimpan perubahan.

Demikian informasi yang bisa corelita.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat, terima kasih