Cara pasang infus pada printer HP dengan mudah

By | November 26, 2012

Cara pasang infus pada printer HP dengan mudah corelita.com – Banyak kelebihan memasang infus printer dibandingkan dengan menggunakan printer dengan standar (tanpa diinfus). Dengan menggunakan infus, kita akan lebih mudah mengontrol level/keadaan tinta, sehingga bisa menambah kapan saja ketika diperlukan. Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba share sedikit bagaiamana cara memasang infus tinta pada printer HP. Printer HP ini memang sedikit berbeda konstruksinya dengan printer Canon dan Epson, tetapi sebenarnya prosedur pemasangannya tetap sama saja.

Oke, langsung saja, berikut urutan yang bisa anda coba dalam memasang infus pada printer HP :

  1. Bahan yang disediakan :
    • Printer (ini dah pasti dong, he…)
    • Gunting (bisa juga menggunakan silet atau cutter)
    • Ink tank (atau sama saja dengan tabung tinta)
    • Selotip
    • Bor (yang ukurannya kecil aja, jangan pake bor tukang bangunan ya…)
  2. Langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memastikan terlebih dahulu kondisi printer dalam posisi Fix. Artinya dalam mencetak printer HP tersebut tidak mengalami masalah, misalnya hasil cetakan bergaris atau yang lainnya. Jika hasil cetakan masih bergaris, silahkan perbaiki dulu, biasanya cukup mempan dengan cleaning
  3. Setelah dipastikan hasil cetakan bagus, maka lanjut dengan langkah berikutnya. Perbesar lubang yang ada pada cartridge, agar karet selang bisa masuk. Jangan lupa jika cartridge printer HP anda memiliki jumlah lubang yang banyak, maka silahkan tutup lubang yang tidak terpakai menggunakan selotip. Tujuannya agar tinta bisa tersedot ke cartridge karena didalamnya sudah vacum.
  4. Langkah berikutnya adalah memasang selang pada cardridge. Jangan lupa pastikan tinta sudah ada di ujung selang, agar nantinya bisa langsung masuk ke cartridge. Untuk menyedotnya, bisa menggunakan alat bantu suntik yang sering disertakan ketika kita membeli tinta. Jangan disedot pake mulut ya… takut entar malah tertelan.
  5. Langkah berikutnya adalah dengan membuat jalur untuk selang tinta. Pake saja alat seadanya, gak usah susah-susah nyari alat bantu tersebut. Gunakan penggaris saja bisa.
  6. Dan langkah yang terakhir adalah dengan merapikan posisi selang tinta infus. Biar tidak nyangkut sana sini. Jika perlu, tambahkan lem ke body printer, biar posisi selang didalam printer semakin kokoh untuk meminimalisir adanya cartridge yang nyangkut di selang tinta.

Demikian informasi sederhana dari corelita.com. Semoga apa yang disampaikan di sini bisa menambah manfaat bagi pengunjung semua. Terima kasih dan selamat mencoba.