Cara Recovery Data dengan Get Data Back

By | November 19, 2013

Cara Recovery Data dengan Get Data Back – Kehilangan data…? Janganlah cemas, saya bakal cobalah berikan jalan keluar untuk anda yang kehilangan data. Data hilang bisa dikarenakan oleh konsleting listrik, penghapusan permanen dengan Shift+Delete, serta format ulang harddisk. Data ini sesungguhnya tak hilang dengan cara permanen namun data tetap tersimpan di sector harddisk akan tetapi tak terlihat. Serta data ini tetap dapat di kembalikan dengan memakai program, satu diantaranya yaitu Get Data Back. Yang penting harddisk tetap dalam keadaan hidup normal.

Get Data Back sendiri ada 2 type :

  1. Get Data Back for FAT32 : yakni untuk kembalikan data di partisi FAT32
  2. Get Data Back for NTFS : yakni untuk kembalikan data di partisi NTFS

Jadi sebelum anda mulai recovery, yakinkan dahulu type partisi apa yang bakal anda recovery datanya, FAT32 ataukah NTFS.

Segera saja, Cara Recovery Data dengan Get Data Back :

Kebetulan saat ini saya memakai Get Data Back 2.31 for NTFS untuk kembalikan data hilang di Harddisk dengan partisi NTFS

Persiapan alat :

  1. Program Get Data Back mesti yang full version, bila tak full anda cuma bakal dapat lihat data anda namun tak dapat kembalikan (mengcopy) data anda kembali. Anda dapat download program ini di 4shared.com, rapidlibrary.com, dan lain-lain, sangat banyak bisa anda dapatkan.
  2. PC dengan windows XP yang normal.
  3. Harddisk atau Flash disk untuk area penyimpan hasil recovery dengan kapasitas seperti dengan data yang bakal anda recover/kembalikan.

Tips Cara Recovery Data dengan Get Data Back :

  1. Install program Get Data Back di PC normal. Ingat mesti yang full.
  2. Gunakan Harddisk yang bakal direcovery untuk hardisk ke-2 (secondary) di komputernormal tadi.
  3. Jalankan program Get Data Back 2. 31 for NTFS,
  4. Yakinkan pilihan Logical Drives dipilih, selalu Next.
  5. Tentukan partisi/total hardisk yang bakal di recover. Dalam perumpamaan ini saya menentukan partisi I pada hardisk I,  lalu NEXT.
  6. Tentukan seperti keperluan anda. ” Search Entire Drive ” bakal lakukan scan ke semua permukaan Harddisk. Pilihan ” Search Partial Drive ” cuma bakal lakukan scan ke sisi yang kita tentukan saja. Saya tentukan ” Search Partial Drive “, Next.
  7. Lalu program Get Data Back bakal melakuan scanning data. Sistem ini bakal mengonsumsi waktu cukup lama, bergantung dari kecepatan CPU serta besarnya kemampuan harddisk yang direcovery.
  8. Sesudah sistem scanning usai maka proses berikutnya bisa kita lanjutkan. Di situ umumnya terdapat beberapa pilihan, kebetulan yang dicontoh ini ada 2 pilihan. Seluruh pilihan itu diisi data yang anda recovery. Anda bisa menentukan satu satu dengan cara bergantian dengan menekan menu BACK. Untuk pertama kali tentukan yang teratas. Lalu tentukan NEXT.
  9. Get Data Back bakal kembalikan Data Anda.
  10. Sesudah proses berjalan, maka bakal tampak directory data yang siap anda recovery. Tentukan Data yang bakal anda recovery. Bila telah Anda dapatkan, click kanan pada folder lalu tentukan Copy serta Taruh di media sekunder yang telah Anda persiapkan tadi sebelumnya
  11. ” Janganlah menaruh file hasil recovery ini ke dalam drive/partisi yang tengah Anda recovery waktu ini. Hal semacam ini dapat menyebabkan hilangnya data yang semakin besar. “
  12. Selesai

Program Get Data Back ini kerap saya pakai, dan hasil akhirnya cukup memuaskan, meskipun kadang-kadang ada sebagian file yang rusak yg tidak terselamatkan. File yang rusak ini dikarenakan oleh tertumpuknya file lama dengan file baru atau juga lantaran memanglah harddisk sudah alami rusaknya fisik di piringan area menaruh data. Namun sekurang-kurangnya ada banyak file yang bisa terselamatkan.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih