Cara Sederhana Membuat Skema rangkaian Alarm Sepeda Motor

By | December 6, 2013

Cara Sederhana Membuat Skema/rangkaian Alarm Sepeda Motor – Pencurian pada sepeda motor kelihatannya sudah jadi sajian berita keseharian. Sepeda motor jadi target empuk pencurian, disamping mempunyai nilai tinggi, sepeda motor gampang untuk diperjualbelikan. Menanggapi persoalan tersebut, dianjurkan supaya untuk Anda supaya menempatkan alarm guna membuat perlindungan sepeda motor Anda dari tindakan pencurian seperti Skema/rangkaian Alarm Sepeda Motor Sederhana.

Skema/rangkaian tersebut benar-benar bermanfaat untuk hindari terjadinya pencurian sepeda motor. Sirine dari alarm keamanan tersebut memakai klakson yg telah ada di motor anda. Langkah kerja Skema/rangkaian Alarm Sepeda Motor Sederhana tersebut yaitu mematikan arus CDI hingga mesin tdk bisa dihidupkan. Jika kunci kontak dipaksa berada di posisi ‘ON’ maka klakson bakal berbunyi dengan cara terus-terusan meskipun kunci kontak dikembalikan di posisi ‘OFF’ klakson bakal terus berbunyi. Hal tersebut juga bakal bikin sang pencuri jadi panik & memilih untuk kabur.

Alat & bahan yg dibutuhkan :

  1. Solder & timah
  2. Gunting
  3. Isolasi kabel
  4. Saklar (switch) 3 kaki
  5. Relay 4 kaki
  6. Soket relay
  7. Kabel 3 meter

Adapun langkah pemasangannya yaitu seperti dibawah ini. Saklar alarm Anda tempatkan di daerah yg susah dijangkau, umpamanya di bawah jok. Potonglah kabel negatif CDI yg berwarna hitam bergaris putih, kemudian hubungkan ke saklar alarm yg berkaki 3. Cermati posisinya, janganlah salah pasang!! Kabel dari CDI menuju ke saklar dipasang di kaki nomor 1 (tepi) sedang kabel dari potongan cdi menuju bodi itu dipasang di kaki nomor 2 (tengah). Lalu siapkan kabel panjang di kaki nomor 3 (tepi) menuju klakson. Gunakan relay di soketnya, satukan kaki nomer 86 dngn kabel panjang dari saklar alarm yg tadi sudah disediakan, lalu sambung ke sisi negatif klakson (kabel warna hijau). Sambungkanlah kaki nomer 30 & 85 jadi satu, kemudian disambungkan lagi ke sisi positif klakson (kabel warna oranye). Kaki nom0r 87 dipasang ke accu (aki), yakni kabel merah di soket berwarna hijau.

Sesudah Skema/rangkaian Alarm Sepeda Motor Sederhana usai dirakit, sebaiknya Anda lakukan pengetesan. Perdana, posisikan saklar alarm di posisi OFF, lalu nyalakan kunci kontak di posisi ON. Lalu hidupkan mesin, kerjakan pengetesan di klakson. Bila seluruhnya jadi baik, lalu matikan kunci kontak di posisi OFF. Ke-2, posisikan saklar alarmnya di posisi ON, lalu nyalakan kunci kontak di posisi ON. Lalu coba hidupkan mesin (semestinya mesin tdk bisa dihidupkan). Langkah paling akhir yaitu mematikan kunci kontak ke posisi OFF (semestinya klakson bakal terus berbunyi). Langkah paling akhir yg butuh Anda kerjakan yaitu mematikan bunyi klakson alarm. Cabut kunci kontak, buka jok, lalu matikan alarm dngn memindahkan saklar alarm ke posisi OFF.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih