Cara Sharing Printer Di Windows Xp Yang Mudah

By | May 24, 2017

Dengan sharing printer anda dapat melakukan perintah print pada printer yang terhubung di komputer lain. Dengan begitu meski komputer anda tak terhubung secara langsung dengan printer, namun anda tetap dapat melakukan pencetakan. Misalnya di dalam satu ruangan kantor hanya ada 2 printer, sedang pc di ruangan tersebut ada 4 atau 5 unit, maka komputer yang terhubung langsung dengan printer secara lokal bisa berbagi printer agar dapat digunakan oleh komputer yang lain dalam jaringan. Bagi anda yang belum mengerti bagaimana cara untuk sharing printer di windows xp, berikut panduan singkat cara sharing printer di windows xp.

Cara Sharing Printer Di Windows Xp

Cara sharing printer di windows xp

Cara sharing printer di windows xp sendiri sebenarnya mudah dilakukan, sebelum melakukan sharing printer dengan jaringan LAN, anda harus perhatikan beberapa hal berikut; pertama pastikan komputer-komputer telah terhubung dengan jaringan LAN. Selanjutnya pastikan ip address tiap komputer telah benar yakni memiliki tiga angka depan ip address yang sama, misalnya ip komputer 1 : 62.32.207.9, ip komputer 2 : 62.32.207.10 dan seterusnya dan mempunyai defaut gateway yang sama, contoh : 62.32.207.1

Dalam cara sharing printer di windows xp usahakan juga nama workgroup antar komputer sama, caranya klik kanan icon my computer, klik kanan – pilih properties – Pilih tab menu Computer Name. Isi nama workgroup dengan nama yang digunakan pada jaringan tersebut. Setting Nama Komputer serta Workgroup, di bagian bawah pilih check box untuk workgroup. Lalu isi nama groupnya, misal ‘WORKGROUP’. Setelah setting di atas selesai barulah dapat melanjutkan setting sharing printer.

Cara sharing printer di windows xp di Komputer Host yakni komputer yang terhubung langsung dengan printer. Pertama klik tombol start – Pilih Settings – Printers and Faxes – Pilih printer yang akan di sharing – klik kanan – pilih Sharing. Langkah selanjutnya pilih menu tab Sharing kemudian ada dua pilihan yakni Do Not Share This Printer serta Share Thsi Printer. Pilih yang Share This Printer. Selanjutnya isikan nama dari printer yang akan di sharing. Dan nama tersebut akan tampil di komputer klien lalu klik ok.

Cara sharing printer di windows xp berlanjut ke Pengaturan Sharing Printer di Komputer yang akan menggunakan printer. Caranya Klik start – Settings – Printers and Faxs, lalu tampil jendela windows dan klik kanan mouse di daerah yang kosong. Pilih checkbox untuk A network printer, or a printer attached to another computer. Kemudian pilih Browse for a printer. Lalu double klik ‘WORKGROUP’ atau nama workgroup jaringan anda. Kemudian akan muncul nama-nama komputer serta daftar printer yang di sharing. Double Klik pada printer yang dipilih. Klik Next terus hingga selesai.