Cara Upgrade serta Ganti RAM pada Laptop

By | November 8, 2013

Cara Upgrade serta Ganti RAM pada Laptop  – RAM (Random Access Memory) yaitu suatu jenis media penyimpanan PC yang sifatnya sementara dan akan hilang semua data yang ada didalamnya jika aliran listriknya putus. RAM umumnya dipakai untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam PC untuk dipakai serta  mengubah info secara aktif, walau sebagian alat memakai sebagian type RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang (Wikipedia). Menambah jumlah RAM bikin daya komputasi PC lebih kuat. PC bisa menjalankan program yang kompleks serta bekerja dengan berkas memiliki ukuran besar.

Sebelum akan hendak mengganti atau beri tambahan jumlah RAM dengan memory yang telah ada. Ada banyak hal yang butuh sahabat cermati, salah satunya sebagai berikut :

  1. Perihal maksimal memori yang dapat dipakai atau di baca. Berarti berapakah maksimal PC/laptop anda dapat membaca Memory RAM. Bila maksimal terbaca cuma 8 GB, maka bila anda gunakan RAM 16 GB juga yang terbaca/terpakai ya cuma 8 GB.
  2. Jenis memori yang mensupport processor. Maksud dari poin ke-2 yaitu kecepatan maksimal dari RAM yang ditetapkan yaitu DDR1, DDR2, atau DDR3. Nah terus bagaimana kita ketahui kecepatan RAM berapa? Itu yang perlu kita ketahui dahulu. Dalam pasaran RAM yang telah di edarkan, kita bakal menjumpai bermacam jenis RAM DDR3 yakni PC8500, PC10600, PC12800, PC15000.
  3. Mudahnya, beli RAM baru lain merk tak apa-apa namun dengan jenis yang sama. otomatis RAM yang baru juga memiliki kecepatan yang sama…
  4. Dan support channel pada processor kita. Untuk persoalan ini, PC anda dapat membaca RAM Single Channel, Dual Channel, atau Tripple Channel. Bila hanya satu, cuma dapat di ganti yang lebih besar.

Catatan :

Kerapkali ada pertanyaan “apakah dapat kita memberikan RAM dengan kapasitas yang tidak sama pada ke-2 slot, contoh slot 1 dipasang 1 Gb serta slot 2 dipasang 2 Gb.? ” Jawabanya yaitu amat bisa, seandainya RAM yang baru/ yang ditambahkan mempunyai jenis, seri serta Bandwidth yang sama juga dengan RAM yang lama. Seperti yang dijelaskan sebelumnya. Mengapa? Lantaran laptop saya juga lain ukuran RAM-nya.

Nah, bila kriteria di atas telah anda mengerti serta bisa anda penuhi, maka tahap selanjutnya yaitu mengawali ganti atau menambah RAM. Pastinya sama sesuai dengan batas maksimum besar memory yang dapat tertanam. Sia-sia kan gunakan yang besar-besar namun memory yang terpakai (Memory Usage) hanya sebagian saja.

Segera saja, dibawah ini langkah-langkahnya :

  1. Cabut seluruh aliran listrik yang masih mengalir ke laptop termasuk baterai laptop juga ikut dilepas
  2. Buka penutup RAM di bagian bawah laptop tepatnya disamping area baterai. ( tiap-tiap laptop mempunyai area yang berlainan).
  3. Bila telah terbuka, maka bakal tampak ada 1 keping RAM bawaan laptop yang terpasang pada slot.
  4. Setelah itu tinggal gunakan RAM yang hendak ditambahkan atau diganti.
  5. Sesudah terpasang, silahkan tutup kembali RAM seperti pada awalnya. Serta tinggal nyalakan laptop seperti biasa, lantaran menambahkan atau pergantian RAM tak perlu instalasi apa pun. Tengok hasilnya…
  6. RAM yang awal mulanya cuma 1 GB sudah jadi tambah jadi 3 GB.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih