Celah Keamanan Ditemukan di Android Berbasis Kernel Exynos

By | December 2, 2013

Celah Keamanan Ditemukan di Android Berbasis Kernel Exynos – Beberapa waktu yang lalu seseorang developer di komunitas XDA Developer bernama samaran alephzain temukan celah keamanan di system operasi Android yang memakai processor Exynos.

Celah keamanan ini ada didalam kernel yang menyebabkan seluruh user memperoleh akses baca/ catat (R/W) ke memori fisik. Kernel yang disebut yaitu piranti/dev/exynos-mem. Piranti ini dipakai oleh 3 library :

/ sistem/lib/hw/camera. smdk4x12. so

/ sistem/lib/hw/gralloc. smdk4x12. so

/ sistem/lib/libhdmi. so

Dengan akses baca/ tulis ke piranti/dev/exynos-mem, suatu program jahat bisa dengan gampang lakukan root bahkan tiada pertolongan program flash ROM sekalipun

Smartphone yang memiliki celah keamanan ini yaitu hampir seluruh yang menggunakan processor Exynos (4210 serta 4412) serta memakai kernel dari Samsung, diantaranya :

Smartphone type Samsung Galaxy S2 GT-I9100

Smartphone type Samsung Galaxy S3 GT-I9300

Smartphone type Samsung Galaxy S3 LTE GT-I9305

Smartphone type Samsung Galaxy Note GT-N7000

Smartphone type Samsung Galaxy Note 2 GT-N7100

Smartphone type Samsung Galaxy Note 2 LTE GT-N7105

Smartphone type AT&T Galaxy Note 2 SGH-I317

Smartphone type Verizon Galaxy Note 2 SCH-I605

Smartphone type Samsung Galaxy Camera EK-GC100

Smartphone type Samsung Galaxy Tab Plus GT-P6210

Smartphone type Samsung Galaxy Note 10. 1 GT-N8000, GT-N8010, GT-N8013, GT-N8020

Yang di kuatirkan di sini yaitu seseorang programer Android bisa bikin suatu aplikasi jahat yang mengeksploitasi celah keamanan kernel Exynos itu serta menyebar luaskannya di Google Play. Serta setelah itu, beberapa ribu atau juga jutaan pemakai smartphone berbasis processor Exynos bakal alami malapetaka.

Dengan akses root, aplikasi jahat bakal bikin smartphone bisa dikontrol dari jauh melewati internet. Lebih jelek lagi, data-data pribadi didalam smartphone bisa dicuri serta disalahgunakan.

Pihak Samsung sudah di konfirmasi serta mengaku ada celah keamanan tersebut di kernelnya, serta menjanjikan bakal lekas keluarkan patch untuk memperbaikinya.

Untuk tutup celah keamanan ini, sambil menanti up date dari Samsung, kita bisa memakai app ExynosAbuse buatan Chainfire dari XDA Developer. Download serta install app ExynosAbuse. Lalu aktifkan perlindungan dengan menentukan pilihan disable exploit.

Diluar itu, app ExynosAbuse ini dapat juga lakukan root semudah menekan tombol saja, tiada mesti memakai Odin downloader. Selamat datang wabah root massal di smartphone Samsung!

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih