Contoh Bentuk Paragraf Generalisasi

By | May 31, 2013

Contoh Bentuk Paragraf Generalisasi – Paragraf generalisasi yaitu paragraf yang berisi proses pengambilan rangkuman menurut data yang sesuai dengan fakta. Pararaf generalisasi ini merupakan paragraph yang berada pada posisi di antara paragraf induktif di mana paragraf induktif ini disusun ikuti pola penalaran induktif. Paragraf ini disusun lewat cara menguraikan berapa kalimat penjelas yang diisi fakta, bukti, contoh, atau ilustrasi sebagai data empiris yang berbentuk spesial pada awal paragraf serta diakhiri dengan kata-kata utama sebagai rangkuman yang berbentuk spesial. Paragraf generalisasi ini disusun lewat cara memberikan berapa kalimat penjelas sebagai alasan berbentuk spesial untuk di ambil sebuah  rangkuman berbentuk umum pada akhir paragraf sebagai kata-kata utama.

Di bawah ini yaitu contoh dari paragraf generalisasi :

“Direktur utama perum bulog mustafa abubakar memperkirakan bahwa kekeringan di sebanyak tempat tak lagi mengganggu stock beras nasional. Apalagi, gagasan impor 2007 dapat diundur untuk tahun 2008 dikarenakan produksi beras dalam negeri dalam sebagian bln. mendatang memenuhi keperluan nasional. Mustafa menjelaskan bahwa stock beras per juli 2007 sejumlah , 63 juta ton cukup untuk keperluan nasional sepanjang 7 bln. Gagasan pengadaan , 8 juta ton tahun ini telah terpenuhi , 53 juta ton dari pembelian beras petani. Impor beras 2008 diperkirakan cuma 3 juta ton, lebih sedikit 200.000 ton dari gagasan impor tahun 2007. Karena, cadangan beras nasional tetap bisa memenuhi keperluan pangan masyarakat serta tak perlu di kuatirkan sampai akhir 2007”

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih