Jenis-Jenis Komponen-komponen Elektronika

By | December 12, 2013

Jenis-Jenis Komponen-komponen Elektronika – Peralatan elektronika yaitu suatu piranti yg terbentuk dari komponen-komponen elektronika di mana masing-masing komponen elektronika itu mempunyai peranan sendiri di dlm suatu skema rangkaian elektronika. Komponen elektronika adalah sisi paling kecil dari satu skema rangkaian elektronika & unsur-unsur yg membuat skema rangkaian elektronik. Skema rangkaian elektronika yg mempunyai manfaat khusus bila dihimpun & membuat suatu system elektronika maka system elektronika itu anda sebut sbg pesawat, umpamanya pesawat radio, pesawat tv yg terbentuk dari beberapa kumpulan skema rangkaian yg mempunyai kegunaan sbg Tuner, IF, RF, Amplifier & lain sebagainya.

Bersamaan dngn perubahan tehnologi, komponen-komponen elektronika semakin beragam & macamnya juga jadi tambah banyak. Tetapi di garis besarnya komponen elektronika dibagi dua jadi komponen pasif & komponen aktif.

Komponen Pasif

Komponen pasif yaitu komponen elektronika yg dlm pengoperasiannya tdk membutuhkan sumber tegangan/voltage atau sumber arus sendiri. Adapun yg terhitung komponen pasif diantaranya :

– Resistor

Resistor yaitu satu komponen elektronika yg fungsinya untuk halangi arus listrik.

– Kapasitor

Kapasitor/kondensator yaitu satu komponen elektronika yg bisa menyimpan & melepas muatan listrik atau daya listrik. Kekuatan untuk menyimpan muatan listrik di kapasitor/kondensator dimaksud dngn kapasitansi atau kapasitas.

– Dioda

Dioda adalah satu semikonduktor yg cuma bisa menghantar arus listrik & tegangan/voltage di satu arah saja. Komposisi pokok untuk pembuatan dioda yaitu Germanium (Ge) & Silikon/Silsilum (Si).

– Transformator

Transformator disingkat dngn Trafo. Trafo terbagi dalam dua buah lilitan yakni lilitan primer & lilitan skunder. Trafo bekerja menurut system pergantian style medan listrik, yg bisa dipakai untuk menaikan atau turunkan tegangan/voltage listrik AC.

– Relay

Relay yaitu saklar (switch) elektrik yg bekerja menurut medan magnet. Relay terbagi dalam satu lilitan & switch mekanik. Switch mekanik bakal bergerak bila ada arus listrik yg mengalir lewat lilitan.

Komponen Aktif

Komponen aktif yaitu komponen elektronika yg dlm pengoperasiannya membutuhkan sumber arus atau sumber tegangan/voltage sendiri. Yg terhitung komponen aktif diantaranya :

– Transistor

Transistor mempunyai dua type yakni : Transistor dengan tipe Bipolar & Transistor dengan tipe Unipolar. Transistor dengan tipe Bipolar yaitu transistor yg mempunyai dua persambungan kutub. Transistor dengan tipe Unipolar yaitu transistor yg cuma mempunyai satu buah persambungan kutub. Transistor umum terbagi dalam 3 buah kaki yg masing-masing dinamakan : emitor, basis & kolektor.

– Thyristor

Thyristor dimaksud pula dngn SCR (Silicon Controlled Rectifier) & banyak dipakai sbg saklar elektronik. Thyristor tersebut bakal bekerja atau menghantar arus listrik dari anoda ke katoda bila di kaki gate di beri arus ke arah katoda, karena itu kaki gate mesti di beri tegangan/voltage positif pada katoda. Pemberian tegangan/voltage tersebut bakal menyulut thyristor, & saat tersulut thyristor bakal tetap menghantar. SCR bakal terputus bila arus yg lewat anoda ke katoda jadi kecil atau gate di SCR terhubung dngn ground.

– Transducer

Tranducer yaitu pengoperasian kerja satu skema rangkaian yg lebih gampang diukur atau dikendalikan oleh besaran listrik, yakni tegangan/voltage & arus di mana berlangsung pergantian dari satu besaran ke besaran yang lain. Adapun komponen elektronika yg terhitung ke dlm tranducer adalah LDR, NTC & PTC.

Cukup sekian informasi yang bisa di himpun oleh corelita.com pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan pada kesempatan yang lain bisa memberikan kepada Anda informasi yang lebih bagus dan menarik, dan tentunya masih bisa memberikan manfaat bagi Anda semua.  Selamat mencoba, semoga berhasil dan mohon maaf apabila ada hal yang tidak pas dengan Anda. Jika ada yang perlu tanyakan atau disampaikan, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar dibawah. Terima kasih